Bungkam Vanuatu di PBB, Ini Sosok Diplomat Muda RI Sindy

Sosok Sekretaris Ketiga Perwakilan Tetap RI di New York, Sindy Nur Fitri menjadi sorotan saat berbicara di Sidang Umum PBB. Siapa Sindy?
Bungkam Vanuatu di PBB, Ini Sosok Diplomat Muda RI Sindy
SOLOPOS.COM - Sekretaris Ketiga Perwakilan Tetap RI di New York, Sindy Nur Fitri ketika mewakili Indonesia di rangkaian Sidang Umum PBB.(tangkapan layar Youtube)

Solopos.com, SOLO — Sosok Sekretaris Ketiga Perwakilan Tetap RI di New York, Sindy Nur Fitri menjadi sorotan saat berbicara di Sidang Umum PBB. Sindy dengan tegas menjawab tudingan Vanuatu yang terus mengusik kedaulatan RI.

Saat itu Sindy mengatakan Vanuatu terus menggencarkan tuduhan agresif dengan niatan yang buruk dan dasar politik terhadap Indonesia.

Hal itu disampaikan Sindy ketika mewakili Indonesia di rangkaian Sidang Umum PBB. Dalam pernyataannya Sindy menyampaikan tanggapan terhadap tuduhan-tuduhan yang dilayangkan oleh Vanuatu menyangkut isu hak asasi manusia di Papua. Sindy menegaskan bahwa tuduhan Vanuatu itu tidak benar, tidak berdasar, dan menyesatkan.

“Vanuatu berusaha untuk membuat dunia terkesan dengan apa yang disebut sebagai kekhawatiran terhadap isu HAM. Kenyataannya, HAM versi mereka gagal untuk menyoroti tindakan teror yang tak manusiawi dan keji, yang dilakukan oleh kelompok-kelompok separatis kriminal bersenjata,” papar Sindy seperti dilansir kanal Youtube Kemenlu, Minggu (26/9/2021).

Baca Juga: PBB Serukan Penghapusan Senjata Nuklir, Turki Malah Pengin Beli Rudal

Jawaban Sindy yang tenang namun tegas menjadi sorotan dan menuai apresiasi publik Tanah Air. Lantas siapa Sindy sebenarnya?

Seperti dilansir dari Linked In, Sindy Nur Fitri merupakan perempuan asal Indonesia yang kini berprofesi sebagai seorang diplomat. Gadis berusia 30 tahun ini diketahui memeluk agama Islam.

Sindy tercatat sebagai lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta jurusan Hukum tahun 2013. Ia kemudian melanjutkan studinya melalui Chavening Scholarship ke Master of Law University of Edinburgh.

Selama menjalani masa kuliah, Sindy Nur Fitri terbilang cukup aktif di berbagai organisasi kampus. Ia pernah menjabat sebagai sekretaris umum di organisasi Asian Law Students Association (ALSA), sekretaris di Edinburgh Law Connection and anggota digital ambassador University of Edinburgh.

Baca Juga: Bandara Dibuka, Afghanistan Siap Bekerja Sama dengan Semua Maskapai

Karier Sindy Nur Fitri

Sindy Nur Fitri mengawali kariernya pada 2014 saat masuk ke Kementerian Luar Negeri sebagai staf magang. Ia sempat ditugaskan untuk menjalani magang di Kantor Kedutaan RI di New Delhi pada 2014.

Pada 2015 hingga 2018, Sindy Nur Fitri ditugaskan di bagian kerja sama sektoral Direktorat Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang.

Pada 2018-2020, Sindy Nur Fitri dipercaya menjadi Sekretaris Ketiga Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral. Pada Februari 2020 hingga sekarang, Sindy Nur Fitri menjabat sebagai Sekretaris ketiga Perwakilan Tetap RI di New York.

Sebelumnya, Sindy Nur Fitri juga aktif membela dan mendukung Indonesia di banyak gerakan. Dari mulai Organisasi Kerja Sama Islam, Developing Eight, hingga Gerakan Non Blok.

Baca Juga: Diserang soal Papua, Indonesia Tampar Balik Vanuatu

Berikut Profil dan Biodata singkatnya:

Nama lengkap: Sindy Nur Fitri

Nama panggilan: Sindy

Asal: Indonesia

Tanggal Lahir: 29 Maret 1991

Agama: Islam

Profesi: Diplomat, Sekretaris Ketiga Perwakilan Tetap RI New York

Pendidikan: UGM, University of Edinburgh
Twitter: @sindynurfitri


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago