SOLOPOS.COM - Bunga bangkai tumbuh di sekitar lapangan Perum RC Ngringo, Jaten, Karanganyar. Penemuan bunga langka inipun menghebohkan warga setempat. Foto diambil Kamis (4/8/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Warga Perumahan RC Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah mendadak heboh dengan penemuan bunga bangkai jenis suweg (Amorphophallus paeoniifolius).

Bunga bangkai itu tumbuh di lapangan Perumahan RC di antara rumput ilalang. Penemuan bunga bangkai suweg kali pertama diketahui warga pada Minggu (31/7/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Minggu pagi saya menyapu halaman. Tiba-tiba saya melihat ada tanaman aneh di sekitar lapangan,” kata warga Perum RC, Supartinah, kepada Solopos.com, Kamis (4/8/2022).

Saat itu, ia mencoba mendekati tanaman tersebut. Namun saat didekati tercium aroma busuk. Saat ditemukan tanaman juga yang sudah tumbuh besar.

Informasi penemuan bunga bangkai ini menghebohkan warga setempat. Mereka penasaran dan langsung berdatangan ke lokasi untuk melihatnya. Tumbuhan ini biasanya tumbuh di musim hujan. “Hla ini musim kemarau , panas sekali, kok bisa muncul,” tutur Supartinah.

Baca Juga: Dikira Bau Bangkai Tikus, Ternyata Bunga Suweg Tumbuh di Karanganyar

Dia mengatakan hingga kini masih banyak warga berdatangan melihat bunga tersebut. Meski baunya busuk, mereka penasaran untuk melihat bunga bangkai dari dekat.

“Tiap pagi dan sore banyak yang datang lihat bunganya. Tapi sekarang agak layu karena beberapa hari tidak saya sirami,” katanya.

Saat ini, bunga bangkai itu masih dibiarkan tumbuh. Tepat di samping bunga tersebut terpampang informasi mengenai jenis bunga itu. Dia berharap warga yang melihat tidak merusak bunga langka itu.

Warga Ngringo, Temu, adalah saah satu yang penasaran melihat bunga bangkai yang bikin heboh sepekan terakhir ini. Ia tahu ada bunga bangkai ini dari informasi mulut ke mulut.

Baca Juga: Tanaman Bangkai Ini Ternyata Umbinya Enak Dimakan, Pulen Seperti Ketan

“Penasaran saja ke sini ingin lihat. Ternyata benar didekati bau,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya