SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (keempat kiri), Ketua Formula E Jakarta Ahmad Sahroni (ketiga kiri), Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo (kelima kiri), Ketua IMI Bambang Soesatyo (kelima kanan), dan Direktur Utama JakPro Widi Amanasto (kiri) berfoto bersama para pebalap Formula E saat Meet and Greet Pebalap Formula E di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (2/6/2022). Ajang Jakarta E-Prix 2022 akan digelar pada Sabtu 4 Juni 2022. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp)

Solopos.com, JAKARTA — Perusahaan pelat merah alias BUMN tidak menjadi sponsor dalam ajang balapan mobil listrik Formula E yang akan digelar pada Sabtu (4/6/2022).

“Kita partisipasi di banyak tempat, ada G20, ada juga beberapa event yang sudah ditugaskan,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (2/6/2022) malam seperti dilansir Antara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Merujuk laman resmi Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E tercantum beberapa jenis sponsor, di antaranya sponsor utama, global, teknis hingga partner biasa.

Sebagai tuan rumah, banyak pula sponsor dari Indonesia yang terlibat langsung dalam balapan mobil listrik di bawah bendera FIA tersebut.

Meski Formula E tak mendapat dukungan sponsor dari perusahaan BUMN, ajang balapan mobil listrik itu dipastikan tepat berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Baca Juga: Formula E Tanpa Sponsor BUMN, Ahmad Sahroni Sindir Erick Thohir

Sebanyak 22 pembalap dari 11 tim siap bertarung dalam seri ke-8 balap mobil listrik Formula E di Jakarta pada Sabtu (4/6/2022).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sebelumnya mengatakan bahwa ajang balap mobil listrik Formula E menjadi komitmen Pemerintah DKI Jakarta untuk mewujudkan komitmen langit biru di ibu kota.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa ajang balapan Formula E Jakarta adalah event olahraga bukan politik.

“Ini bukan event politik ini event olahraga, Pemprov DKI (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) bekerjasama dengan Formula E,” kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta usai menghadiri meet and greet pembalap Formula E Jakarta, Kamis (2/6/2022) seperti dilansir Bisnis.

Baca Juga: Jokowi Diagendakan Nonton Langsung Formula E Jakarta

Anies Baswedan juga kerap mengungkapkan bahwa balapan Formula E merupakan kampanye “Jakarta Langit Biru.” Gubernur DKI Jakarta tersebut berharap Jakarta menuju Net zero emissions atau nol emisi karbon pada 2050.

Formula E Jakarta diketahui menggunakan energi yang ramah lingkungan. Ajang ini didukung listrik hijau dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan genset dengan bahan bakar green diesel dari Pertamina.

Untuk diketahui, Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta mengusulkan interpelasi Formula E untuk mempertanyakan tanggung jawab Anies Baswedan terkait pembayaran komitmen atau commitment fee Rp560 miliar menggunakan dana APBD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya