SOLOPOS.COM - Erick Thohir saat menghadiri HUT ke-50 Hipmi di Jakarta Convention Center, Sabtu (11/6/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Badan usaha milik negara atau BUMN secara konsolidasi berhasil membukukan laba bersih Rp126 triliun pada 2021. Capaian ini melesat jauh dibandingkan 2020 yang hanya sebesar Rp13 triliun.

Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan proses di BUMN sehingga bisa mengalami lonjakan laba bersih. Erick menegaskan komitmennya dalam melakukan transformasi BUMN.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Erick menyampaikan transformasi baik dari sisi bisnis dan SDM, terbukti memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja BUMN.

“Perbaikan kinerja BUMN tentu memiliki dampak besar bagi masyarakat dan negara. Kalau BUMN-nya tidak sehat, bagaimana mau maksimal berkontribusi,” ujar Erick di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Dia menyebut BUMN secara konsolidasi membukukan laba bersih Rp126 triliun pada 2021 atau mengalami lonjakan yang sangat signifikan bila dibandingkan 2020 yang hanya sebesar Rp13 triliun.

Tak hanya membukukan laba bersih, Erick juga terus mendorong penurunan rasio utang BUMN.

Baca Juga: Terus Meningkat, Segini Kontribusi Desa Wisata untuk Perekonomian Warga

“Alhamdulillah berkat transformasi dengan mengedepankan proses bisnis yang baik, tata kelola perusahaan yang baik (GCG), efisiensi, dan profesional, rasio utang BUMN pada 2021 itu 35 persen atau turun empat persen dari 2020 yang sebesar 39 persen,” ucap Erick.

Erick Thohir mengaku akan terus mendorong rasio utang BUMN terus mengecil hingga tahun-tahun ke depan.

Erick mengatakan telah memetakan utang-utang BUMN. Pemetaan dimaksudkan agar utang BUMN benar-benar ditujukan untuk kepentingan bisnis.

Baca Juga: Terus Tumbuh Berkelanjutan, Ini Sejumlah Aksi Korporasi Penting BRI

“Sekarang kita rapikan yang mana utang-utang produktif, dan yang mana utang-utang yang koruptif. Yang koruptif tentu kita sikat,” kata Erick menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya