SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo berencana membuat bumi perkemahan di sekitar Waduk Mulur, Bendosari. Wakil Bupati sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Sukoharjo, Drs H Haryanto MM, Senin (21/5/2012) menjelaskan saat ini Pemkab Sukoharjo tengah berusaha meminta hak milik pengurusan waduk tersebut. Ia optimistis, proses pengurusan hak milik waduk itu selesai tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apabila kepemilikan Waduk Mulur telah pindah tangan ke Pemkab Sukoharjo, pihaknya baru merencanakan pembangunan bumi perkemahannya. Pengajuan dana untuk bumi perkemahan akan dimintakan kepada Kementerian Negara, Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). “Seperti Boyolali itu. Kalau Boyolali kemarin dana yang turun sekitar Rp1,5 miliar,” tambahnya.

Wacana pembangunan bumi perkemahan itu, menurut Haryanto, diharapkan bisa menjadi salah satu indikator untuk mewujudkan Kabupaten Sukoharjo sebagai Kabupaten Pramuka. Lahan yang dipersiapkan untuk bumi perkemahan seluas tiga hektar. Di lahan itu akan dibangun sejumlah arena kepramukaan seperti tempat olah tangkas, lapangan upacara dan pembuatan gardu masuk.

Guna mendukung perwujudan sebagai Kabupaten Pramuka, Haryanto mengaku sejumlah lokasi di Sukoharjo akan ditanami bibit kelapa. Pada Minggu (20/5/2012), SMAN 1 Sukoharjo telah menyumbang ribuan bibit pohon kelapa. Bibit itu akan ditanam di daerah sekitar Waduk Mulur. “Kemarin saat ada penilaian dari Kwarda Jateng kami meminta agar Ketua Kwarda membantu proses untuk memperoleh hak milik lahan dulu,” jelasnya.

Sementara, Ketua Kwarda Jateng, Budi Prayitno di sela-sela penilaian lomba Kwarcab tergiat 2012 di Sukoharjo, Minggu (20/5), berjanji akan membantu Kwarcab. Ia akan membantu audiensi dengan Gubernur Jateng terkait hal tersebut. Budi juga berharap Pemkab Sukoharjo segera mendapatkan hak kepemilikan Waduk Mulur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya