SOLOPOS.COM - Kebun Magga Istana Desa Penggarit (Instagram/@pemalangkeren)

Solopos.com, PEMALANG — Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan secara ekonomi hingga infrastruktur, salah satunya melalui program desa wisata. Di Kabupaten Pemalang, terdapat banyak desa yang memiliki potensi untuk dijadikan desa wisata.

Salah satunya adalah Desa Penggarit di Kecamatan Taman. Mengutip Liputan6.com, Kamis (8/7/2021), Desa Penggarit ini memiliki beberapa potensi yang bisa ditingkatkan, di antaranya adalah hutan lindung. Bekerjasama dengan Perhutani, BUMDes Desa Penggarit bisa mengelola hutan tersebut untuk dijadikan tempat wisata, seperti wisata Benowo Park. Selain itu ada pula Gunung Matih yang juga bekerja sama dengan Perhutani agar dibuatkan sebuah Gardu Pandang.

Promosi BRI Terbitkan Green Bond pada 2024 Senilai Rp2,5 Triliun

Direktur BUMDes Desa Penggarit, Wiguna Imam Wibowo, mengatakan untuk gardu pandang masih diperlukan beberapa pembangunan infrastruktur. Hal ini dikarenakan masih diperlukannya sarana dan prasarana serta alat transportasi karena letaknya jauh ke dalam hutan.

Baca Juga : Beri Contoh Penerapan PPKM, Ganjar Santap Siang di Parkiran

Ada juga kebun anggrek yang bernama Perggarit Orchid. Kebun ini sebenarnya dimiliki oleh perorangan, tetapi dengan adanya kebun anggrek tersebut dapat membuka kesempatan kerjasama dengan BUMDes.  Imam menambahkan kerjasama ini lebih ke bidang pemasaran untuk bisa menjadi satu paket wisata.

Ada juga perkebunan manga yang dikenal dengan Mangga Istana, lalu ada perkebunan Jambu Madu Deli Hijau. Dalam  hal ini, BUMDes bersama para petani menjalin Kerjasama untuk digunakan  sebagai ‘Wisata Petik’ buah langsung dari pohon.

Potensi lain juga ada dari sektor perikanan dan peternakan. Untuk perikanan, Desa Penggarit memiliki letak yang dikelilingi sumber air atau sungai dan juga ada bendungan irigasi pengairan.  Imam mengatakan bahwa ntuk mengembangkan usaha perikanan atau ikan budidaya yang jelas akan menghasilkan untuk yang banyak jika ditangani serius.

Baca Juga : 50% Jalan di Pemalang Rusak, Netizen Sindir Bupati

Untuk sektor peternakan, juga terdapat peternakan kambing yang sudah dikumpulkan oleh pemerintah. Demi meningkatkan potensi tersebut, tentu perlu kerja sama antar masyarakat. Hal itulah yang mendorong adanya BUMDes Wiguna Utama untuk mengelola unit usaha BUMDes. Dengan adanya BUMDes ini, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Desa Penggarit merupakan salah satu desa yang berhasil masuk seleksi program desa wisata oleh pemerintah, yakni BUMDes yang menjalin kerjasama  dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sebelumnya ada sekitar 531 desa yang diseleksi dan dari proses seleksi itu terpilihlah 125 desa.

Setelah itu, desa-desa tersebut mengikuti pelatihan dan program peningkatan kapasitas secara daring sebelum dinilai untuk menentukan 10 desa sebagai pemenang. Dan Desa Penggarit, menjadi 1 dari 10 desa pemenang dalam program Desa BRILian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya