SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Menjelang datangnya Bulan Ramadan, Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Jawa Timur telah menyiapkan pasokan komoditas beras yang saat ini mencapai 601.703 ton untuk memenuhi kebutuhan operasi pasar.

Kepala Bulog Divre Jatim, Muhammad Hasyim, mengatakan pasokan beras dari Jatim sangat mencukupi kebutuhan Jatim bahkan surplus untuk memasok ke daerah lain.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Bahkan sampai akhir tahun beras kita aman, dan nanti berapa pun kebutuhan operasi pasar oleh pemda/pemda, Bulog sudah siap menyuplai, termasuk produk lain seperti minyak goreng, tepung terigu, dan gula pasir, ” katanya seusai mengikuti Rapat Koordinasi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di Surabaya, Kamis (25/4/2019).

Hasyim menambahkan harga beras medium Bulog saat ini dijual ke pengecer Rp8.250/kg. Sedangkan beras yang dijual dalam operasi pasar sekitar Rp8.500/kg sampai Rp12.500 sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

Dia menyebut persediaan bahan pokok di Bulog Jatim untuk komoditas lain seperti gula pasir sebesar 6.663 ton, minyak goreng 41.016 liter, terigu 12.168 kg, dan jagung 75.861 ton.

Hasyim menambahkan dalam mengamankan kebutuhan bahan pangan di Jatim, Bulog telah menyiapkan 59 kompleka pergudangan yang tersebar di sejumlah kota/kabupaten, ada 14 distribusi center, dan 7.549 Rumah Pangan Kita (RPK) serta 77 Toko Pangan Kita.

“Dari 14 wilayah Bulog Jatim, masing-masing ada gudang untuk menyediakan komoditi Bulog,” imbuhnya.

Sedangkan untuk komoditas bawang merah dan bawang putih, saat ini Bulog belum bisa menyediakan lantaran pasokan bawang merah Jatim dipusatkan di Probolinggo, dan bawang putih masih menunggu impor dari Kementerian Perdagangan.

“Bulog tidak menyediakan bawang putih, tapi kalau dari pemerintah meminta Bulog melakukan impor, ya kita siap impor bawang putih sekaligus untuk operasi pasar,” imbuhnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya