SOLOPOS.COM - Informasi acara Bulan Bung Karno 2022. (Istimewa/instagram bulan_bungkarno)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 550 seniman akan menggelar konser gamelan di Solo Car Free Day (CFD), Minggu (26/6/2022), dalam rangkaian perayaan Bulan Bung Karno 2022.

Setidaknya, ada 400 penari dan 150 pengrawit akan menampilkan konser gamelan dan Tari Gathutkaca Massal. Rencananya, konser 550 seniman tersebut digelar mulai pukul 06.30 WIB hingga 09.30 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti diketahui, bulan Juni 1945 menjadi awal munculnya konsep Pancasila sebagai dasar negara. Lima sila tersebut kali pertama disampaikan tokoh proklamator, Ir. Soekarno atau Bung Karno.

Selanjutnya, Juni juga menjadi hari lahir Bung Karno, yakni 6 Juni 1901. Ia juga berpulang pada bulan yang sama. Soekarno meninggal pada 21 Juni 1970.

Informasi yang diterima Solopos.com, konser gamelan dan tari tersebut akan berlangsung di sepanjang Jl. Slamet Riyadi, yakni dari ruas Nonongan hingga kawasan Gladak, Solo.

Baca Juga : Kunjungi Sarinah Jakarta, Megawati Melihat Galeri Bung Karno dan Relief

Salah satu panitia Bulan Bung Karno 2022, Sengkut Pandhega, mengatakan seluruh seniman yang akan menggelar konser tersebut berasal dari Solo. “Iya [seniman berasal dari Solo],” tulis Sengkut melalui pesan WhatsApp, Senin (13/6/2022) malam.

Serangkaian persiapan juga telah dilakukan oleh seluruh personel. Mereka juga akan mengadakan latihan bersama pada Jumat (17/7/2022) mendatang di Kompleks Taman Sunan Jogo Kali (TSJK) Pucangarum, Kelurahan Pucang Sawit, Kecamatan Jebres, Solo atau di dekat kediaman Mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Tak hanya konser 550 seniman, akan digelar juga tahlil akbar dan selawatan bersama Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf dari Pasar Kliwon, Solo. Informasi tersebut juga telah diunggah akun Instagram @bulan_bungkarno pada Selasa (16/6/2022) pukul 08.41 WIB. Tahlil akbar rencananya dilaksanakan di halaman Benteng Vastenburg Solo, Senin (20/6/2022) pukul 20.00 WIB.

“Yuk, bersama kami menanam amal kebaikan melalui Tahlil Akbar dan Sholawatan Bulan Bung Karno untuk mendoakan Pahlawan Proklamator Republik Indonesia sebagai penghormatan karena telah membebaskan kita dari belenggu penjajahan. Semoga Tuhan mencurahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada beliau Pahlawan proklamator dan Indonesia terus mendapat rahmat Allah sehingga mampu menjadi bangsa yang maju,” tulis akun @bulan_bungkarno seperti dilansir Solopos.com, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga : Harlah Soekarno, Rudy: 3 Hal Ini Wajib Bagi Kader Ideologis Bung Karno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya