SOLOPOS.COM - Bukit Pengilon, Gunung Kidul (Instagram/@ukkigutama)

Solopos.com, GUNUNG KIDUL — Bukit Pengilon menyuguhkan keindahan Pantai Gunung Kidul dari atas bukit. Berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), wisata ini memberikan suasana kearifan lokal khas Gunung Kidul berupa pemandangan alam pantai yang indah yang memanjakan mata para pengunjung.

Mengutip Detik.com, Senin (30/8/2021), Bukit Pengilon merupakan bukit yang berada tepat di bibir pantai Gunung Kidul dan berada tepat di garis pantai selatan Yogyakarta. Meskipun menyuguhkan pemandangan yang indah, tapi banyak yang belum mengetahui keberadaan wisata Bukit Pengilon ini.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Bukit Pengilon ini berada di antara Pantai Watu Lumbung dan Pantai Siung, dan dari ketinggian, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang sangat eksotis. Pengunjung juga dapat merasakan tiupan angin yang sepoi-sepoi meskipun berada di bawah terik matahari sehingga tidak merasa terlalu kepanasan.

Baca Juga : Ada Pemandangan Taman Cantik di Pantai Ini Hlo!

Untuk sampai di Bukit Pengilon, pengunjung harus melewati jalan setapak terlebih dahulu dari Pantai Siung atau Pantai Watu Lumbung yang berlokasi di sebelah timur bukit tersebut. Saat menapaki jalan, pengunjung dijamin tidak merasa lelah atau bosan karena perjalanan tersebut, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam yang ada di tempat tersebut

Sesampainya di Bukit Pengilon, pengunjung akan merasakan ketenangan ditambah suguhan pemandangan dan dapat dilihat secara jelas ketika sudah sampai di puncak bukit ini dari deburan ombak yang menghantam karang, pantai-pantai sekitar bukit tersebut dan hamparan birunya laut dari ketinggian.

Lokasi Bukit Pengilon ini bisa dikatakan cukup jauh dari pusat Kota Jogja karena bukit ini terletak di sebelah timur dan berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Bukit Pengilon ini tepatnya berada di daerah Tepus, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Gunung Kidul atau sektar 73 km dari pusat Kota Jogja sehingga kurang lebih dapat menempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Baca Juga : Sering Makan Korban, Inilah Kisah di Balik Misteri Waduk Sermo

Tapi tenang, bagi yang ingin berkunjung ke bukit ini, jalan menuju destinasi sudah dalam keadaan beraspal dan papan petunjuk arah juga tersedia. Selain itu, destinasi ini juga sudah tersedia di Google Maps sehingga mempermudah pengunjung untuk mengakses jalan.

Pengunjung yang datang di Bukit Pengilon ini harus membayar biaya retribusi sebesar Rp5.000 dan juga biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp5.000 untuk kendaraan roda 4 atau mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya