Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Bukit Emas Wonogiri Memanas Lagi

Bukit Emas Wonogiri Memanas Lagi
user
Senin, 5 September 2022 - 16:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Sejumlah warga melakukan aktivitas tambang di gubuk kecil di bukit Desa Jendi, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Senin (2/6/2018). Aktivitas menambang emas itu dilakukan secara tradisional. (Solopos/Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, WONOGIRI — Selepas waktu subuh, Tarjo, 57, memulai aktivitasnya menambang emas di kaki Bukit Randu Kuning, Desa Jendi, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Deru mesin pemisah emas dengan tanah terdengar nyaring di kaki bukit yang diyakini menyimpan cadangan 1,5 juta ton emas itu. Sejauh mata memandang, hamparan perbukitan itu dipenuhi mesin serupa yang dimiliki Tarjo.

Mesin bertenaga dinamo itu adalah pegangan warga setempat untuk bertahan hidup dari serpihan emas. Namun, kini lahan subur yang produktif itu bergejolak. Rencana penambangan dan pengolahan emas di Blok Randu Kuning oleh PT Alexis Perdana Mineral (APM) kembali mengemuka hingga mengusik kehidupan warga desa yang selama ini hidup tenteram. Akankah penambangan modern itu merenggut sumber kehidupan rakyat jelata di Bukit Randu Kuning Wonogiri?

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN