SOLOPOS.COM - Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia, Panel Barus, memberikan keterangan pers di Sekretariat Musra Indonesia Jateng di Jl. KS Tubun Nomor 31 Kelurahan Manahan, Banjarsari, Solo, Sabtu (16/7/2022) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Musyawarah Rakyat akan ditempuh 16 kelompok sukarelawan Joko Widodo atau Jokowi dalam menentukan figur yang akan mereka dukung dalam Pilpres 2024. Musyawarah Rakyat Indonesia atau Musra ini di beberapa tempat dalam rentang waktu tahun ini hingga tahun depan.

Musyawarah Rakyat yang pertama rencananya digelar pada 27 Agustus 2022 mendatang. Lokasinya bukan di Solo, melainkan di Bandung, Jawa Barat. Setelah itu Musra akan digelar secara maraton di 34 provinsi hingga Maret 2023.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jadi Musra di 34 provinsi harus tuntas kurun waktu itu. Pada Maret 2023 puncaknya, kami putuskan digelar di Jakarta, musra terakhir. Tema Mencari Pemimpin Rakyat, Melanjutkan Agenda Kerakyatan dengan tagline 100 Persen Pilihan Rakyat,” kata Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia, Panel Barus, di Banjarsari, Solo, Sabtu (16/7/2022).

Dalam Musra itu, sambungnya, rakyat banyak akan terlibat aktif mendsikusikan nasib bangsa ke depan. Urusan kepemimpinan nasional ke depan tidak boleh hanya menjadi urusan segelintir elite. “Karena rakyat juga punya hak konstitusionalnya untuk terlibat,” kata dia.

Baca Juga: Musyawarah Rakyat, Cara 16 Organisasi Relawan Jokowi Jaring Capres 2024

Sebanyak 16 sukarelawan yang akan menggelar Musra ini meliputi Projo, Relawan Buruh Sahabat Jokowi, Seknas Jokowi, Almisbat, Galang Kemajuan (GK) Center, RKIH, Gapura, Jaman, Bara JP, Kornas Jokowi, Indeks, KIB, Duta Jokowi, Sekber Jokowi Nusantara, RPJB, dan KAPT.

Panel mengatakan Musra ini menjadi mekanisme untuk menggali lebih dalam kehendak rakyat. Satu wadah di mana rakyat terlibat aktif dalam menentukan kepemimpinan nasional ke depan, dan ikut menentukan program harapan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya