SOLOPOS.COM - Tugu Muda yang dibangun demi memperingati Pertempuran Lima Hari. (Antara)

Solopos.com, SEMARANG — Titik 0 km Kota Semarang ternyata bukan berada di kawasan Simpang Lima maupun Tugu Muda, lalu di mana?

Kota Semarang, ibu kota dari Jawa Tengah ini terkenal dengan beraneka ragam kuliner, mulai dari tahu gimbal, lumpia, wingko babat, bandeng presto, hingga sotonya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bukan hanya itu saja, di Semarang juga terdapat spot wisata yang menarik dikunjungi, di antaranya Sam Poo Kong, kawasan Kota Lama Semarang, Lawang Sewu, dan lain sebagainya.

Sebagai pusat pemerintahan Jawa Tengah, banyak yang beranggapan titik 0 km Kota Semarang berada di Simpang Lima dan Tugu Muda. Pasalnya, dua kawasan tersebut begitu lekat dengan kota yang kini dipimpin oleh Wali Kota Hendrar Prihadi itu.

Baca Juga: Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar, Yuk Cari Tahu!

Ternyata titik 0 km Kota Atlas ini berada di kawasa Kota Lama Semarang. Berdasarkan penelusuran Solopos.com, terdapat sebuah tugu yang tertuliskan “Semarang No Kilometer”, lengkap dengan logo Kota Semarang di kawasan tersebut.

Lokasi tugu tersebut berada di Dadapsari, Semarang Utara, atau di taman sebrang Kantor Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah dan Gedung Keuangan Negara.

Baca Juga:  Setahun Jadi Wali Kota Solo, Harta Gibran Naik Rp4 Miliar

Tugu mungil ini menjadi tanda titik 0 km Kota Semarang. Menurut sejarah, di sini dahulunya menjadi titik sentral dihitungnya jarak antara sebuah kota dengan kota lainnya.

Titik 0 km Kota Semarang. (Google/sae)

Keberadaan titik 0 km Kota Atlas tersebut tidak diketahui kapan dibuatnya. Namun, ada yang menganggap tugu tersebut sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Baca Juga:  Hai Ladies! Ini Hlo Kriteria Calon Istri Bhre Mangkunagoro X

Pada Google Review, banyak netizen yang ternyata baru tahu jika titik 0 km Kota Semarang berada di sini. Padahal selama ini mereka menyangka titik 0 km Kota Semarang berada di Simpang Lima maupun Tugu Muda.

“Selama ini kemungkinan besar orang mengetahui bahwa Semarang memiliki tempat nol kilometer di Simpang Lima atau Tugu Muda. Pada kenyataannya tidak. Titik tersebut sebenarnya berada di depan Gedung Keuangan Negara, kawasan Kota Tua Semarang. Memang mungkin karena tugu tersebut tidak terlalu besar dan tertutupi pepohonan, tugu tersebut menjadi terabaikan. Padahal apabila diberi penanda, akan kemungkinan besar masyarakat menjadi tahu dan mengunjungi tempat tersebut,” ujar salah satu netizen.

Baca Juga:  Magelang Kota Terkecil di Jawa Tengah, Ternyata Segini Luasnya

Bahkan, ada yang menyebut tugu tersebut tidak terawat, padahal secara wisata mempunyai potensi tinggi.

“Saya sangat menyayangkan betapa Pemerintah Kota Semarang tidak cukup punya atensi dan aksi nyata untuk sebuah titik yang sangat potensial untuk menjadi spot destinasi wisata. Pengin lihat contoh kayak nol kilometer di kota-kota lain. Semoga ke depan ada atensi dan revitalisasi nol kilometer Semarang,” tulis netizen bersangkutan.

Baca Juga:  Jarang Tersorot Kamera, Siapa Suami Dirut Pertamina Nicke Widyawati?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya