Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Bukan Semalam, Proyek Candi Kerja Tahunan Libatkan Ratusan Orang

Bukan Semalam, Proyek Candi Kerja Tahunan Libatkan Ratusan Orang
user
Kamis, 28 Juli 2022 - 13:58 WIB
share
SOLOPOS.COM - Umat Hindu menyelenggarakan upacara Angayubagya di Candi Prambanan, Jumat (11/2/2022), sebagai ungkapan syukur setelah penandatangan nota kesepahaman yang menetapkan Candi Prambanan, Candi Borobudur, Candi Pawon, dan Candi Mendut sebagai tempat ibadah umat Hindu dan Buddha sedunia. (kemenag.go.id)

Solopos.com, KLATEN — Deretan candi-candi di Indonesia tidak seperti mitosnya yang merupakan proyek kerja semalaman, namun melibatkan tangan ratusan orang selama tahunan. Soekmono dalam Candi Fungsi dan Pengertiannya, 1977, mengatakan candi merupakan bangunan kuno yang terbuat dari batu, yang biasanya digunakan untuk beribadah atau tempat pendarmaan raja yang hidup di zaman Hindu-Buddha. 

Menurut Soekmono, candi dapat difungsikan sebagai kuil pemujaan, dan apabila dikaitkan dengan makam raja, maka candi merupakan bangunan yang dibuat untuk memuliakan raja atau bangsawan yang sudah wafat. Raja yang sudah wafat biasanya didarmakan dengan bentuk arca dewa yang dianggap menyerupai sang raja tersebut.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN