SOLOPOS.COM - Masjid Agung Demak Jawa Tengah. (Wisatajateng.com)

Solopos.com, SEMARANG — Bukan Masjid Agung Demak, di mana masjid tertua di Jawa Tengah (Jateng)?

Keberadaan masjid tertua di provinsi yang saat ini dipimpin oleh Gubernur Ganjar Pranowo ini tak bisa dilepaskan dengan sebuah kampung yang ada di Semarang, yakni Kampung Sekayu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan informasi dari jurnal yang diterbitkan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Kampung Sekayu ini sudah ada sejak 1413. Sebelum kampung ini ada, sudah berdiri sebuah masjid yang bernama Masjid Taqwa Sekayu.

Baca Juga: Selain Jadi Juru Kunci Gunung Merapi, Ini Pekerjaan Mas Asih Sekarang

Masjid yang berlokasi di Jl Sekayu Raya, Semarang Tengah ini diklaim sebagai masjid tertua di Jawa Tengah.

Masjid Taqwa Sekayu yang diklaim sebagai masjid tertua di Jawa Tengah. (Google/Johanes Anggoro)

Hal ini berdasarkan informasi yang diperoleh dari portal resmi Kelurahan Sekayu Semarang. Menurut informasi di situs tersebut, Masjid Taqwa Sekayu, tujuh tahun lebih tua dari Masjid Agung Demak.

Baca Juga: Kamu Bisa Dapat Mobil Daihatsu Rocky Seharga Rp120.000, Kok Bisa?

“Menariknya, Masjid Sekayu yang didirikan pada 1413 Masehi dipercaya sebagai masjid tertua di Jateng, tujuh tahun lebih tua dari masjid Agung Demak yang didirikan pada 1420 M,” bunyi keterangan dalam situs tersebut.

Masjid ini memiliki arsitektur Jawa dan menurut informasi yang tayang di akun Instagram @karangtarunahimalaya, masjid tertua di Jawa Tengah ini dibangun oleh Kyai Jamal, seorang ulama asal Cirebon, Jawa Barat.

Baca Juga: Apakah Hidrosefalus pada Anak Bisa Sembuh?

Kyai Jamal merupakan tokoh agama kepercayaan Sunan Gunung Jati. Menurut informasi dari pengelola akun Instagram @semarangpemkot, masjid tertua di Jawa Tengah ini dibangun semasa proses pembangunan Masjid Agung Demak.

“Menurut sejarah, masjid ini pernah menjadi Masjid Besar Semarang. Dibantu dalam rangkaian proses Masjid Agung Demak, karena itu bentuknya mirip dengan Masjid Sekayu ini dengan ciri terdapat empat tiang kayu,” jelas pengelola akun Instagram @semarangpemkot.

Baca Juga:  Oleh-oleh Berjamur & Parkir Mahal, Ini Cerita Viral dari Malioboro

Hingga sekarang, Masjid Taqwa Sekayu ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Meski begitu, empat kayu jati dengan diameter cukup besar masih dipertahankan hingga sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya