[x] close
Bukan Karena Mudik, Sumber Penularan Covid-19 15 Pegawai PG Tasikmadu Masih Misterius
Solopos.com|soloraya

Bukan Karena Mudik, Sumber Penularan Covid-19 15 Pegawai PG Tasikmadu Masih Misterius

Sumber penularan Covid-19 yang menjangkiti 15 pegawai PG Tasikmadu, Karanganyar, belum diketahui secara pasti, yang jelas bukan karena mudik.

Solopos.com, KARANGANYAR -- Manager Pabrik Gula atau PG Tasikmadu, Karanganyar, Walyanto, belum bisa memastikan daripada sumber penularan Covid-19 yang menjangkiti 15 pegawai bagian produksi atau penggilingan pabrik gula tersebut.

Ke-15 pegawai itu terpapar Covid-19 sejak beberapa hari lalu. Saat ini, mereka sudah menjalani isolasi mandiri di sejumlah rumah dinas di dalam kompleks PG Tasikmadu.

Walyanto memastikan kondisi seluruh pegawai yang menjalani isolasi mandiri itu sehat. “Iya betul terpapar Covid-19 ada 15 orang. Tapi ini sudah karantina mandiri sejak lebih dari satu pekan lalu. Bahkan ada yang sudah sepuluh hari,” jelas Walyanto saat dihubungi Solopos.com, Kamis (10/6/2021).

Bahkan, Walyanto mengatakan lima dari 15 orang pegawai PG Tasikmadu yang positif Covid-19 saat ini sudah sembuh. Sehingga yang masih positif tinggal sepuluh orang dan tengah menjalani isolasi mandiri.

Baca Juga: Bermula Dari Percikan Api Di Kamar, Rumah Warga Ngringo Karanganyar Ludes Terbakar

"Semua [menjalani isolasi mandiri] di dalam kompleks PG Tasikmadu, pemenuhan kebutuhan selama isolasi kami lakukan, dan dijaga satpam selama 24 jam," ujarnya.

Walyanto menuturkan kasus Covid-19 di lingkungan PG Tasikmadu itu berawal dari satu orang. Ia menduga seorang pegawainya itu terpapar Covid-19 saat bekerja. Walyanto memastikan pegawai tersebut tidak melakukan perjalanan mudik meski yang terpapar tersebut rata-rata berasal dari Jawa Timur.

178 Orang Diswab Antigen

“Kejadian awal itu saat Lebaran. Lalu dilacak ditemukan 15 orang ini. Kami tidak bisa memastikan satu orang itu terpapar dari mana. Tetapi yang pasti bukan karena mudik. Kami melarang pegawai mudik. Bisa jadi karena aktivitas selama bekerja kan rapat ke luar kota juga,” ujarnya.

Setelah kejadian itu, PG Tasikmadu melaksanakan swab antigen massal terhadap 178 orang karyawan. Walyanto menyampaikan hasil tes swab antigen negatif Covid-19. Selain itu, PG Tasikmadu juga membentuk tim Gugus Covid-19 internal.

Baca Juga: 15 Pegawai PG Tasikmadu Karanganyar Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Tim itu memantau, mengawasi, dan mengingatkan karyawan soal prokes. Kami juga memasang spanduk penerapan 5M di sejumlah titik di dalam lingkungan PG Tasikmadu,” tuturnya.

Tak hanya itu, tamu dari luar yang datang ke pabrik gula tersebut juga wajib membawa surat bebas Covid-19, minimal hasil tes swab antigen. Manajemen PG Tasikmadu juga melarang karyawan mudik.

Sedangkan penyemprotan disinfektan rutin dilaksanakan setiap hari selama beberapa hari terakhir. Walyanto menyampaikan meski ada 15 pegawai yang positif Covid-19, aktivitas perkantoran di lingkungan PG Tasikmadu berjalan seperti biasa.

Isolasi Mandiri

Selanjutnya, PG Tasikmadu akan melaksanakan tes swab antigen terhadap sepuluh orang yang masih menjalani isolasi mandiri. Rencana tes swab antigen dilaksanakan lima hari lagi.

Baca Juga: 12 Hari Menghilang, Perempuan Jatipuro Karanganyar Ditemukan Meninggal di Sumur Tetangga

“Sebetulnya sudah sehat semua, tetapi saya minta mereka istirahat sampai betul-betul sehat. Nanti kami laksanakan tes swab antigen lima hari lagi. Setelah itu baru kemudian boleh bekerja kembali kalau hasil tes swab antigen negatif.”

Sebelumnya, kabar mengenai 15 pegawai PT Tasikmadu yang terkonfirmasi positif Covid-19 diungkap Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memimpin rapat musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) secara virtual pada Kamis (10/6/2021).

“Pekerja di PG Tasikmadu [terkonfirmasi positif Covid-19]. [Pekerja] itu kan dari berbagai daerah. Saat swab test Covid-19 hasilnya positif. Saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah pegawai di PG Tasikmadu,” kata Bupati di hadapan peserta rapat virtual.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago