SOLOPOS.COM - Khao Man Gai. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Tom yam bisa jadi merupakan satu-satunya makanan Thailand yang sudah familier di lidah kita. Padahal sebenarnya ada banyak olahan lain yang tak kalah lezat dan menggoyang lidah.

Makanan Thailand terkenal beragam dan unik mulai dari rasa asin, manis, pedas, hingga asam berpadu dengan berbagai aroma ada di negeri gajah putih tersebut. Jangan hanya menginjakkan kaki di restoran formal saja saat ke Thailand, tapi cobalah cicipi kelezatan kuliner para pedagang kaki limanya. Ada banyak makanan kaki lima yang akan memanjakan lidah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari travelawaits dan  Bisnis.com, Selasa (31/8/2021) berikut makanan kaki lima yang wajib dicoba saat travelling ke Thailand :

1. Khao Man Gai (Ayam Thailand dengan Nasi)

Khao man gai merupakan salah satu makanan Thailand yang terdiri dari sajian irisan dada ayam di atas nasi, lalu di berikan sedikit kaldu ayam. Makanan sederhana ini terbuat dari bahan-bahan segar yang akan membuat kenyang hanya dengan beberapa baht. Sebagian besar kios menyajikan khao man gai mereka bersama irisan mentimun segar dan saus jahe-cabai.

Di Thailand khao man gai bisa di dapatkan di mana saja, tetapi yang terbaik ada di Sukhumvit Road. Tepatnya antara stasiun BTS Thong Lo dan Phrom Phong di Sukhumvit Line.

2. Kway Teow Rua (Mie Perahu Ayutthaya)

Dikenal sebagai kway teow rua, mie perahu adalah makanan khas kerajaan kuno Ayutthaya. Ayutthaya terkenal dengan reruntuhannya yang menakjubkan serta mie perahu yang disajikan dalam kaldu darah dan rempah-rempah. Anda bisa mendapatkan mie lezat ini di Pasar Krungsri di Ayutthaya.

3. Cha Yen (Teh Thailand)

Cha yen atau teh Thailand akan membuat siapapun menyukainya. Minuman itu terdi dari campuran teh, susu evaporasi dan banyak susu kental manis.

4. Som Tum (Salad Pepaya Hijau)

Som tum adalah contoh terbaik tentang bagaimana masakan Thailand memadukan rasa dari bahan tak terduga. Bahan utama hidangan ini adalah pepaya mentah yang telah diparut lalu dicampurkan bersama kecap ikan, perasan jeruk nipis, cabai, udang, asam jawa, bawang putih, gula aren, tomat, kacang panjang, dan kacang tanah yang dihaluskan.

5. Khao Soi (Mie Utara)

Khao Soi. (foodnetwork.com)
Khao Soi. (foodnetwork.com)

Khao soi atau yang sering disebut mie utara, adalah hidangan berbasis kari yang kaya. Hidangan ini terdiri dari mie telur dalam kaldu kari kelapa yang halus. Di atasnya terdapat mie telur yang digoreng sehingga terlihat seperti sarang burung.

Keharmonisan mie telur goreng yang renyah dengan mie kari yang direndam dengan bumbu tradisional adalah sesuatu yang tidak akan terlupakan.

6. Sai Oua (Sosis Thailand Utara)

Sate bola sosis akan mudah ditemukan di Bangkok hingga Kanchanaburi. Namun, sai oua otentik hanya ada di pegunungan utara Thailand. Itu adalah sosis segar yang dipanggang sehingga bercita rasa menyenangkan. Rasa uniknya berasal dari rempah-rempah yang dikemas dengan penuh kasih ke dalam setiap sosis yang digulung. Akan ada rasa jeruk purut, serai dan ketumbar di setiap gigitan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya