SOLOPOS.COM - Ketua DPP Bidang Politik dan Keamanan PDIP Puan Maharani (tengah) bersama Ketua Umum Partai Golongan Karya AIrlangga Hartarto (kanan) dan Wakil Ketua Umum Golkar Bambang Soesatyo (kiri) berbincang saat jalan santai, di Monas, Jakarta, Sabtu (8/10/2022). Kegiatan jalan santai tersebut merupakan silaturahmi dan konsolidasi politik menjelang pemilu 2024. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/hp)

Solopos.com, JAKARTA — Tak hanya kepada Ganjar Pranowo, DPP PDIP juga memberikan sanksi berat kepada anggota Dewan Kolonel yang menjagokan Puan Maharani sebagai capres partai banteng moncong putih.

Penegasan sanksi untuk loyalis Puan Maharani itu disampaikan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Komarudin mengatakan, DPP PDIP akan memanggil dan memberikan sanksi berat kepada para anggota Dewan Kolonel.

Seperti diketahui, sejumlah loyalis Puan Maharani di DPR membentuk sebuah tim bernama Dewan Kolonel untuk menyukseskan langkah putri Megawati Soekarnoputri tersebut menjadi calon presiden (capres) usungan PDI Perjungan (PDIP) di Pilpres 2024.

Baca Juga: Ganjar Pranowo: Semua Kader PDIP Harus Siap jadi Capres

“Kami jatuhkan sanksi kepada teman-teman yang menamakan diri sebagai Dewan Kolonel, antara lain Pak Trimedya Panjaitan, kemudian Pak Johan Budi, Masinton, Pak Prof Hendrawan, dan beberapa yang memang ada,” jelas Komarudin kepada awak media di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (24/10/2022).

Dia menegaskan, PDIP memperlakukan semua kader secara setara. Oleh sebab itu, partai tak hanya memberi sanksi kepada Ganjar Pranowo karena menyatakan siap sebagai capres namun juga kepada Dewan Kolonel.

Bahkan, Komarudin menekankan, sanksi untuk para anggota Dewan Kolonel akan lebih berat karena menyalahi aturan partai.

Baca Juga: Rudy Yakin Ganjar Dapat Rekomendasi Capres, Faktanya Malah Kena Sanksi

Apalagi, lanjutnya, mereka sudah pernah diberikan peringatan.

“Mengapa mereka ini [Dewan Kolonel] langsung dijatuhkan sanksi terakhir, sanksi keras dan terakhir? Karena mereka lakukan kegiatan di luar AD/ART partai, dan sudah pernah diberi peringatan pertama,” ujarnya.

Sedangkan Ganjar, Komarudin mengungkapkan hanya diberikan sanksi lisan.

Baca Juga: Ganjar Kena Sanksi Soal Capres, Hasto: PDIP Bukan Ambisi Perorangan

“Kalau Bung Ganjar tadi saya sampaikan, meskipun pernyataan itu tidak melanggar aturan tapi menimbulkan multitafsir di media karena itu kami memberi sanksi teguran lisan,” jelasnya.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan yang berhak menyampaikan persoalan terkait capres usungan partai hanya ketua umum mereka, Megawati Soekarnoputri.

Megawati, lanjutnya, akan mengumumkan capres PDIP pada waktunya.

Baca Juga: Ganjar Legawa Sanksi PDIP Namun Tetap Siap Jadi Capres

“Karena itu Ibu Megawati kemarin berpesan terkait capres dan cawapres seluruh anggota dan kader partai agar membangun kesabaran revolusioner, agar bersabar pada momemntum yang tepat pasti akan diumumkan,” ungkap Hasto di kesempatan yang sama.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “PDIP: Sanksi Berat Menanti Dewan Kolonel Loyalis Puan Maharani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya