SOLOPOS.COM - Dinda Syarief. (Instagram/@dindasyarief)

Solopos.com, SOLO-Dorce Gamalama bukan satu-satunya artis transgender Indonesia,  ada sejumlah publik figur lain yang juga mengubah identitas mereka dari lelaki ke wanita.  Pembawa acara Dorce Show itu meninggal dunia pada Rabu (16/2/2022) akibat terinfeksi Covid-19.

Deretan artis transgender ini ada yang berkiprah di Indonesia, namun ada juga yang memilih tinggal di luar negeri. Salah satunya adalah Oscar Lawalata yang memilih tinggal di Jerman.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Berikut ini deretan artis transgender Indonesia seperti dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (16/2/2022).

1. Asha Darra

Asha Darra
Asha Darra. (Instagram/@oscarlawalata)

Asha Darra merupakan salah satu artis transgender Indonesia. Terlahir berjenis kelamin pria dengan nama Oscar Lawalata, desainer Indonesia yang telah punya popularitas ini memutuskan untuk mengubah identitasnya menjadi perempuan. Bukan hanya itu, Oscar Lawalata memilih berganti nama menjadi Asha Darra dan menetap di Berlin, Jerman.

Baca Juga: Meninggal Dunia, Dorce Gamalama Trending di Twitter

“Saya memilih untuk menjadi wanita, wanita seutuhnya,” ujarnya di kanal Youtube The Lawalatas berjudul The Untold Story of Oscar Lawalata-Panggil Aku Asha seperti dikutip pada Rabu (16/2/2022).

Kenapa menunggu 40 tahun dulu baru menjadi transgender? Menurutnya, hal itu lantaran dia ingin berbicara kepada dirinya sendiri terlebih dulu sebelum memutuskan berganti identitas.

2. Lucinta Luna

sosok Muhammad Fatah Lucinta Luna. (Instagram-@lucintaluna)
Lucinta Luna. (Instagram-@lucintaluna)

Lucinta Luna salah satu artis transgender Tanah Air. Penyanyi dengan nama laki-laki Muhamad Fatah ini juga dikenal sebagai aktris. Membintangi dua film yaitu Hijab pada 2015 dan Bridezilla pada 2019. Lucinta Luna mulai dikenal sebagai penyanyi dan sekarang aktif dengan berbagai macam acara televisi. Lucinta juga aktif menjadi brand ambassador produk kecantikan seperti Scarlett Whitening.

Baca Juga: Kehidupan Pribadi Dorce Gamalama: Berganti Kelamin hingga Berganti Nama

3. Millen Cyrus

Millen Cyrus
Millen Cyrus. (Instagram/@millencyrus)

 

Millen Cyrus yang dikenal sebagai keponakan Ashanty ini merupakan selebgram pria yang berpenampilan perempuan. Walaupun Millen berdandan layaknya perempuan, Millen mengaku tidak operasi kelamin untuk menyempurnakan penampilannya.

Baca Juga: Sebelum Meninggal, Ini Deretan Penyakit yang Diidap Dorce Gamalama

Dia juga salat memakai sarung dan peci. Hal tersebut terlihat dari salah satu unggahan Instagramnya, @millencyrus pada pada 10 Mei 2021.

4. Dena Rachman

Artis transgender Indonesia
Dena Rachman. (Instagram/@denarachman)

Artis cilik bernama Renaldy Denada Rachman kini mengubah penampilannya menjadi perempuan. Artis cilik tersebut kini dikenal sebagai Dena Rachman. Dena dulunya merupakan seorang penyanyi dan pemain sinetron, kini disibukan dengan bisnisnya di dunia fashion. Dirinya mendirikan Drama Shoes, sepatu rancangannya sendiri ini dijual melalui media online.

5. Dinda Syarif

Dinda Syarief
Dinda Syarief. (Instagram/@dindasyarief)

Dinda Syarif merupakan transgender asal Indonesia yang pernah mengikuti ajang Miss International Queen 2018, yang merupakan ajang model internasional transgender. Pada ajang tersebut dirinya mendapatkan Best Nasional Costume.

Baca Juga: Joko Anwar Beri Bocoran Pengabdi Setan 2, Begini Respons Warganet

6. Solena Chaniago

Solena Chaniago
Solena Chaniago. (Instagram/@solenachaniago)

Solena Chaniago merupakan penata rambut serta aktor transgender asal Indonesia. Transgender kelahiran Kota Padang ini merupakan penata rambut khusus pria di New York, Amerika Serikat. Dirinya juga pernah memerankan film Hollywood The Brooklyn Finest pada 2010 dan The Extra Man pada tahun yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya