SOLOPOS.COM - Petugas berdiri di antara kantong jenazah korban kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang di RSUD Kabupaten Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). Sebanyak 41 warga binaan tewas akibat kebakaran yang membakar Blok C 2 Lapas Dewasa Tangerang Klas 1 A pada pukul 01.45 WIB Rabu dini hari. (Antara/Muhammad Iqbal)

Solopos.com, TANGERANG– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Rabu (8/9/2021) dini hari, terbakar mengakibatkan korban meninggal 41 orang.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, dalam jumpa pers di lokasi kebakaran, Rabu seperti dilansir detikcom, mengatakan selain korban meninggal, ada 8 orang yang menderita luka berat. Sementara 72 orang lainnya menderita luka ringan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang memperpanjang kasus-kasus kebakaran Lapas yang terjadi di Tanah Air. Penyebabnya beragam, mulai dari faktor ketidaksengajaan seperti korsleting listrik, sampai adanya kerusuhan yang sengaja dibuat para tahanan. Berikut sederet kasus kebakaran Lapas di Indonesia seperti dilansir okezone.com.

Baca Juga: Kebakaran Lapas Tangerang: Korban Meninggal Bertambah Jadi 41 Orang

1. Kerusuhan di Lapas Tuminting, Manado

Pada Sabtu (11/04/2020), Lapas Tuminting, Manado, Sulawesi Utara, terbakar. Penyebab kebakaran adalah karena adanya narapidana yang melakukan kerusuhan di dalam lapas tersebut. Diduga hal itu terjadi akibat adanya perbedaan perlakuan antar napi dari petugas.

2. Lapas Purwokerto Terbakar

Sebuah minimarket yang terletak di dalam lapas Purwokerto hangus terbakar pada Kamis (29/10/2020) malam. Dugaan sementara penyebab dari kebakaran ini adalah adanya konsleting listrik yang bermula dari bagian belakang minimarket.

Baca Juga: Lapas Tangerang yang Kebakaran, Kapasitas 900 Orang Tapi Diisi 2.096 Napi

3. Kerusuhan dan Kebakaran Lapas Kabanjahe, Sumatra Utara

Bangunan lapas Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo, Sumatra Utara terbakar pada Rabu (12/2/2020) pukul 12.00 WIB. Api disebabkan oleh ulah penghuni lapas kelas II blok B yang sengaja membakar karena merasa tidak terima melihat lima orang rekannya dihukum rantai oleh petugas. Akibat kejadian tersebut, sejumlah narapidana dan tahanan kemudian dievakuasi ke Mapolres Tanah Karo.

4. Kebakaran Lapas Perempuan Palu

Lapas Perempuan Klas III Palu, Sulawesi Tengah, terbakar sekitar pukul 18.00 WITA pada Rabu (29/09/2019). faktor penyebab kebakaran ini diduga disebabkan oleh tahanan yang ingin kabur.

Dari jumlah 102 tahanan, sebanyak 46 orang melarikan diri. Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri mengatakan bahwa pada Kamis (30/9/2019), 16 tahanan telah berhasil ditangkap, sementara 30 lainnya masih dalam pencarian. 20 diantaranya adalah narapidana dengan kasus narkoba, 10 orang lainnya adalah tahanan kasus umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya