top ear
Ilustrasi  luweng (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi luweng (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Bukan di Wonogiri, Luweng Terpanjang Ada di Wilayah Ini

Tahukah Anda, luweng terpanjang ada di mana? Luweng itu adalah Luweng Jaran yang terletak di Kabupaten Pacitan.
Diterbitkan Selasa, 2/03/2021 - 18:15 WIB
oleh Solopos.com/Ahmad Baihaqi
2 menit baca

Solopos.com, WONOGIRI – Sebanyak dua Luweng di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, sudah ditemukan setelah dicari berhari-hari. Luweng dipercaya bisa mengatasi banjir di wilayah tersebut. Namun tahukah Anda, luweng terpanjang ada di mana?

Dua luweng yang ditemukan itu berada di Dusun Joho Kidul, Desa Joho, dan Dusun Pakem, Desa Sumberagung. Pencarian kedua luweng itu melibatkan orang pintar. Dengan ditemukannya luweng itu, bencana banjir di Joho dan Sumberagung bisa teratasi.

Baca Juga: Bus Rela Kecelakaan Karambol di Jalan Solo-Purwodadi, Ibu-Ibu Dilarikan ke RS

Pasalnya, air hujan akan bisa masuk ke luweng. Luweng atau sumur di dalam perut Bumi sebenarnya tak cuma ada di Wonogiri. Luweng bisa ditemukan di wilayah pegunungan karst seperti di sepanjang Gunungsewu yang terbentang dari Bantul, DIY, hingga Pacitan, Jawa Timur.

Nah, luweng terpanjang di Gunungsewu itu ternyata bukan di Wonogiri. Menurut laporan yang dihimpun di Sejarah Alam Gunungsewu terbitan LIPI, luweng terpanjang adalah Luweng Jaran yang berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Total panjangnya luweng tersebut mencapai 20 kilometer.

Terpanjang Selanjutnya

Luweng Jaran merupakan gua yang memiliki sungai bawah tanah dengan pintu masuk lebih dari satu. Luweng Jaran kali pertama dilaporkan pada 1985 dengan panjang lorong mencapai 11.072 meter. Sementara kedalaman total mencapai 157,8 meter.

Setelah Luweng Jaran, ada Luweng Ombo-Kebon yang memiliki panjang lorong mencapai 7.000 meter. Luweng ini juga berada di Pacitan. Luweng ini merupakan hasil eksplorasi dari para penelusur gua dari berbagai negara seperti Prancis dan Australia.

Baca Juga: Dapat Insentif PPnBM Harga Toyota Vios Turun hingga Rp65 Juta, Bagaimana dengan Model Lain?

Nah di posisi ketiga baru luweng dari Wonogiri. Luweng ini bernama Gua Sodong Mudal yang terletak di Kecamatan Pracimantoro. Keberadaan luweng ini terletak di dekat Museum Karst Indonesia. Gua Sodong Mudal menjadi yang terpanjang ketiga dengan panjang total mencapai 4.290 meter.

Luweng sendiri bisa berfungsi sebagai penampung air yang terbentuk secara alami, sehingga sangat perlu dilestarikan untuk menanggulangi bencana banjir. Namun, terkadang keberadaan luweng menjadi hilang. Ada dua alasan luweng bisa hilang yakni karena sedimentasi dan tertutup sampah.


Editor : Profile Ahmad Baihaqi
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya