SOLOPOS.COM - Lawang Sewu dan Tugu Muda Semarang. (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI secara rutin memberikan penghargaan Adipura setiap tahun pada kota yang berhasil melaksanakan program kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Adapun kota terbersih se-Jateng adalah Semarang.

Menariknya, Semarang ini bukan hanya sebagai kota terbersih se-Jawa Tengah (Jateng), tetapi juga menjadi salah satu kota terbersih di Indonesia dan Asia Tenggara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penghargaan kota terbersih tingkat Asia Tenggara kepada Semarang diberikan oleh ASEAN Clean Tourist City periode 2020-2022.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Senin (30/5/2022), Semarang menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang berhasil meraih penghargaan Adipura selama enam kali berturut-turut sejak 2012.

Prestasi membanggakan ini merupakan wujud kerja sama antara pemerintah kota dengan seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya terlihat dalam pengelolaan Kampung Pelangi sebagai salah satu kawasan menarik sebagai destinasi wisata.

Baca juga: Rob Mulai Surut, Truk Antre Masuk ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Dikutip dari laman dlh.semarangkota.go.id, gagasan mengubah kampung kumuh menjadi warna-warni bukan hanya dilakukan Pemerintah Kota Semarang. Meski demikian, kawasan kumuh di bantaran sungai Kelurahan Wonosari itu kini disulap menjadi destinasi wisata menarik perhatian turis baik lokal maupun manca negara.

Penghargaan Adipura yang diraih Semarang sebagai kota terbersih, juga tak lepas dari peran pemerintah kota dalam pengelolaan sampah. Sampah-sampah di Kota Semarang diolah menjadi pembangkit listrik tenaga sampah dan gas metana.

Hal tersebut menjadi suatu terobosan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Semarang. Selain itu, pemerintah kota juga memiliki program menarik, yakni Sistem Pengendalian Kota Pintar. Pintar dalam berhemat energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya