SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BERLIN – Tahapan baru bagi Volkswagen mengambil titik mula dengan peluncuran model kendaraan elektrifikasi dengan tajuk, ID 3. Produsen asal Jerman itu dalam peluncuran yang berlangsung Senin (9/9/2019), menyebut varian ini sebagai produk penting. Hal tersebut mengacu pada sebelumnya yakni Beetle dan Golf, dengan status ikonik dalam lini kendaraan Volkswagen.

Model ini menjadi yang pertama diproduksi menggunakan platform baru MEB milik Volkswagen. Modular produksi tersebut khusus dikembangkan untuk membuat seluruh kendaraan elektrifikasi buatan Volkswagen di masa mendatang. Selain deretan model ID, platform itu juga akan dipakai produsen lain dalam naungan Volkswagen Group.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Catatan penting dari pemakaian platform ini adalah ruang dalam kabin kendaraan listrik seperti ID 3. Model ini memiliki ukuran 3 mm lebih panjang serta 60 mm lebih tinggi dibandingkan varian Volkswagen Golf terkini. Sementara, ukuran bagasinya menyamai kendaraan kompak tersebut dengan kapasitas 380 liter.

Secara teknis terdapat tiga pilihan kapasitas baterai yang menyertai model Volkswagen ID 3 yakni 45 kWh, 58 kWh, dan 77 kWh. Ketiganya tentu memberi daya jarak jelajah beragam mulai dari 418 hingga 550 kilometer dalam kondisi optimal. Kapasitas pengisian daya ulang ketiga tipe tersebut juga beragam dari rentang 50 kW hingga 125 kW.

Motor listrik pada kendaraan ini akan terpasang pada bagian belakang dengan kisaran kekuatan maksimal mulai 150 Hp (model 45 kWH) hingga 203 Hp (model 58 dan 77 kWh). Keluaran tenaga dari motor listrik ganda tersebut akan tersalur dengan transmisi otomatis bersistem penggerak roda belakang.

Nuansa desain interior yang terkesan sederhana membuat suasana kabin Volkswagen ID 3 terkesan lapang serta lega. Tampilan tersebut disertai dengan layar kendali pusat informasi dan hiburan berukuran 10 inci. “Tampilan tersebut merupakan wujud adanya revolusi internal kami dalam membentuk interior kendaraan masa depan,” ujar Kepala Desainer Volkswagen, Klaus Bischoff.

Volkswagen akan lebih dulu meluncurkan varian dengan paket baterai 58 kWh di berbagai negara Eropa. Pemesanan model ID 3 sendiri baru akan berlangsung tahun depan, dengan perkiraan pengiriman berlangsung pada Oktober 2020. Sementara untuk wilayah Inggris, seperti dikutip Autocar, Volkswagen membanderol mobil listriknya ini sebesar 27.500 paun atau sekitar Rp475 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya