SOLOPOS.COM - Achmad Purnomo, Puan Maharani, Gibran Rakabuming Raka, dan Teguh Prakosa di DPP PDIP seusai fit and proper test, Senin (10/2/2020). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA -- Rekomendasi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk calon wali kota/calon wakil wali kota di Pilkada Solo 2020 tidak akan diumumkan pada bulan ini. Pernyataan DPP PDIP itu sekaligus menepis kabar rekomendasi akan diumumkan pada 23 Februari 2020.

Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto mengatakan saat ini belum ada keputusan terkait rekomendasi dari DPP PDIP untuk Pilkada Solo 2020. Rekomendasi, kata dia, masih menunggu hasil fit and propres test terhadap tiga bakal calon Solo di kantor DPP PDIP di Jakarta, Senin (10/2/2020).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

LIPI: Virus Corona Diduga Menular ke Manusia Lewat Trenggiling

Hasil fit and proper test tersebut baru kemudian dibawa ke rapat pleno bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ekspedisi Mudik 2024

"Sampai hari ini belum, kami belum rapat lagi. Materi wawancara fit and proper test kemarin sudah disusun, tetapi belum dilakukan rapat. Tim fit and proper test sudah menyusun hasilnya nanti dibawa dalam rapat pleno DPP di mana ketua umum hadir," kata Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Bebas Corona, 62.000 Ton Bawang Putih China Segera Banjiri Indonesia

Politikus yang kerap disapa Bambang Pacul itu mengatakan hasil fit and proper test tersebut baru akan selesai pada Maret 2020. "Bukan [Februari], 23 Maret. Itu adalah selambat-lambatnya pengumuman dari seluruh wilayah," ujar Bambang.

Bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo menjalani fit and proper test di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (10/2/2020). Keputusan terhadap hasil tes tersebut tergantung pada Megawati.

Geger Pria Pamer Alat Kelamin di Bawah Flyover Palur Karanganyar

Para kandidat yang mengikuti fit and proper test itu ialah balon wali kota Gibran Rakabuming Raka dan pasangan balon wali kota dan wakil wali kota Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa. Fit and proper test berjalan selama dua jam.

Pernyataan Bambang tersebut berbeda dari informasi yang disampaikan bakal calon Wali Kota Solo, Achmad Purnomo. Kepada wartawan di Solo, Purnomo menyebut rekomendasi kemungkinan disampaikan pada 23 Februari bersamaan dengan daerah lain.

Anies Baswedan Klaim Formula E Monas Dapat Rekomendasi TACB, Dinas Membantah

“Saya melihat proses yang harus dijalani jadi saya tahu persis. Selain didukung DPC, saya juga didukung masyarakat nonpartai. DPP pasti mempelajari suara arus bawah kemudian mempertimbangkannya,” kata Wakil Wali Kota Solo itu saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (11/2/2020).

Purnomo mengaku sempat meminta DPP PDIP menyampaikan rekomendasi secepatnya. Hal itu dilakukan agar masyarakat Solo tidak terombang-ambing menunggu rekomendasi untuk Pilkada Solo 2020.

Warga China yang Kena Corona Pernah ke Bali Januari, Ini Klarifikasi Lion Air

“Mereka bilang, iya, secepatnya. Karena kalau berlarut-larut ya kondisi Solo akan seperti ini terus. Informasi tidak resmi, akhir bulan ini 23 Februari bareng daerah lain. Tapi, belum tentu Solo masuk [diumumkan hari itu]. Saya enggak peduli isu berbagai pihak, saya masih optimistis [dapat rekomendasi],” bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya