Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Buka Lapangan Kerja, Pemprov Jatim Andalkan MPP Kabupaten Madiun

Pemprov Jatim berharap banyak terhadap MPP di Kabupaten Madiun karena digadang-gadang menjadi tulang punggung investasi industri padat karya di Jatim.
SHARE
Buka Lapangan Kerja, Pemprov Jatim Andalkan MPP Kabupaten Madiun
SOLOPOS.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI, Tjahjo Kumolo, meluncurkan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Madiun, Rabu (24/11/2021). (Istimewa/Pemkab Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) berharap banyak terhadap Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Madiun.

Hal itu karena Kabupaten Madiun digadang-gadang menjadi tulang punggung investasi industri padat karya di Provinsi Jawa Timur. MPP Kabupaten Madiun berada di kawasan lama Pendapa Kabupaten Madiun.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Di gedung itu telah disiapkan berbagai layanan, seperti Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil, DPMPTSP, BPJS, perbankan, kepolisian, dan lain-lain. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Tjahjo Kumolo, meresmikan MPP Kabupaten Madiun, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga : Kabar Baik! Persis Solo Bayar Tunggakan Gaji 18 Pemain Musim Lalu

MPP ini diharapkan menjadi daya tarik investasi. “Hampir semua dinas ada di MPP ini. Warga hanya perlu datang ke satu tempat untuk bisa menemui dinas-dinas yang ada di Pemkab [Pemerintah Kabupaten] Madiun,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak.

Emil menyampaikan MPP akan memudahkan investor mengurus perizinan usaha. Dia juga menyebut Kabupaten Madiun ke depan akan menjadi tulang punggung investasi industri padat karya di Jatim.

“Untuk membuka lapangan kerja, mau tidak mau, suka tidak suka, harus merambah industri padat karya. Keberadaan mall ini sebagai bentuk komitmen bahwa [Kabupaten] Madiun ramah investasi. Karena datang ke sini urusan selesai,” jelasnya.

Baca Juga : Waspada Lur! Hujan, Petir, & Angin Kencang Terpa Jateng selama 3 Hari

Peluncuran MPP di Kabupaten Madiun menambah jumlah MPP di Jawa Timur. Total 9 MPP di Provinsi Jatim, yakni Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi, Sidoarjo, Probolinggo, Lamongan, Magetan, Bojonegoro, Gresik, dan Kota Madiun.

Selain 9 MPP itu, masih ada 7 MPP yang belum diresmikan, yaitu Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Kabupaten Pamekasan, Sumenep, Nganjuk, Tuban, dan Pasuruan.

“Untuk tahun 2021 ini terdapat tiga kabupaten/kota yang telah menandatangani komitmen akan membangun MPP. Di antaranya, Kota Malang, Kabupaten Lumajang, dan Bangkalan,” ujarnya.

Baca Juga : Melihat Proses Pewarnaan Kain Batik dengan Tanah Liat di Bayat Klaten

Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, menyampaikan MPP merupakan program Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi terkait reformasi birokrasi. Pemerintah harus mempermudah saat mpelayani masyarakat, mempercepat proses perizinan, memangkas jalur berbelit, dan transparansi layanan.

“Mana yang bayar dan mana yang bisa diperoleh secara gratis. Itu saja intinya. Supaya ekonomi di Madiun ini terus tumbuh,” ungkap dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode