Buka-Bukaan, Begini Cerita Dibalik Riset Merek Terpercaya SBBI 2021

Solo Best Brand and Innovation (SBBI) 2021 yang tahun ini kembali digelar ternyata memiliki sejarah panjang memberikan penghargaan kepada merek terbaik sejak 2001.
Buka-Bukaan, Begini Cerita Dibalik Riset Merek Terpercaya SBBI 2021

Solopos.com, SOLO — Solo Best Brand and Innovation atau SBBI 2021 yang tahun ini kembali digelar ternyata memiliki sejarah panjang melakukan riset dan memberikan penghargaan kepada merek terbaik sejak 2001.

Basis riset pilihan penyelenggara SBBI merupakan yang paling bisa dipercaya dibandingkan basis riset lainnya. Hasil riset yang menjadi dasar pemberian penghargaan didasarkan data hasil penelitian lapangan.

Koordinator Tim Riset SBBI 2021, Sholahuddin, mengatakan SBBI berbasis riset berdasarkan kekuatan merek (brand equity).

Baca juga: Meski Virtual, Anugerah SBBI Award 2021 Digelar Mewah Lur!!

Pilihan basis riset ini karena merek menjadi kekuatan strategis dalam pemasaran sehingga dinamika merek sangat penting untuk terus diamati setiap tahun. Riset berbasis merek ini yang dipertahankan SBBI hingga tahun 2021 ini.

“Produk yang makin tumbuh yang bisa mengalahkan krisis yang kita alami bersama. Analisis SBBI mengunakan pendekatan deskriptif kuantitatif,” kata dia dalam acara puncak SBBI 2021 secara virtual, Selasa (3/8/2021).

Sholahuddin menjelaskan produk yang mendapatkan indeks tertinggi dalam riset adalah yang ditetapkan sebagai pemenang.

Baca juga: Gegara 1 Huruf Hilang, Pasar Gotong Royong Tuai Komentar

Riset dengan 10.000 Sampel

Di sisi lain, riset SBBI 2021 digelar dengan teknik pengambilan sampel secara purposive atau pengambilan data dengan menetapkan kriteria tertentu agar bisa menjadi sampel.

Riset ini melibatkan lebih dari 10.000 sampel untuk meriset 50 produk. Sampel diambil di Kota Solo dan daerah sekitarnya, seperti Kartasura, Colomadu, Solo Baru, dan Palur pada Februari-April 2021.

Dengan jumlah sampel tersebut riset SBBI 2021 bisa mewakili perilaku pasar di Kota Solo dan sekitarnya. Data tersebut bisa memberi informasi kepada para pelaku usaha untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk memenangi persaingan mengambil hati konsumen.

Baca juga: Pelatih Greysia Polii dan Apriyani Rahayu Ternyata Wong Asli Solo, Ini Sosoknya

“Kami meyakini riset SBBI 2021 bisa mewakili masyarakat Solo dan sekitarnya,” imbuh dia.

Masyarakat seluruh Indonesia bisa menyaksikan kemeriahan acara penganugerahan SBBI 2021 melalui tiga kanal media sosial Solopos Media Group, yakni Youtube SoloposTV, Facebook Solopos.com, dan Instagram @koransolopos.

Penyelengara menyediakan puluhan hadiah menarik bagi warganet dengan komentar teraktif pilihan panitia. Beberapa hadiah tersebut di antarany dua buah handphone dan voucher hotel.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago