SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BOYOLALI — Menyusul ambrolnya jembatan penghubung Kemusu-Juwangi, yang berada di Desa Jerukan, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali, beberapa waktu lalu, masyarakat setempat membangun jembatan darurat dari bahan bambu. Selain itu, warga juga berencana membuka akses jalan di Dukuh Tambak, Desa Jerukan, untuk memperpendek jarak tempuh sejumlah desa di wilayah Juwangi menuju pusat pemerintahan kecamatan setempat.

Hal itu dikemukakan Camat Juwangi, Arief Wardianta AP, kepada wartawan di Boyolali, Jumat (19/4/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Arief menjelaskan dibuatnya jembatan sesek atau jembatan bambu itu atas inisiatif warga demi mempermudah akses jalan yang tertutup pascaambrolnya jembatan di Desa Jerukan tersebut. Jembatan bambu tersebut dibangun di sebelah selatan jembatan yang telah rusak akibat terjangan air pasang sungai saat terjadi hujan deras beberapa waktu lalu.

”Karena jika melewati jalan lain, warga harus memutar hingga puluhan kilometer (km),” terang Arief.

Arief mengungkapkan menyusul ambrolnya jembatan penghubung Kemusu-Juwangi tersebut, ada rencana dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk meminjam jembatan darurat berupa jembatan belly. Namun diperkirakan hal itu baru bisa terealisasi enam bulan ke depan.

“Ya harapan kami dan juga masyarakat itu [peminjaman jembatan belly] bisa direalisasikan secepatnya,” terangnya.

Upaya lain, kata Arief, pihaknya sudah mengajukan permohonan pembuatan jembatan dengan menggunakan dana tak tersangka dengan perkiraan anggaran Rp200 juta.

“Karena kerusakan jembatan tersebut merupakan imbas dari bencana alam,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya