Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Budi Daya Lele Jadi Harapan Pengentasan Kemiskinan di Desa Kadipiro, Sambirejo, Sragen

Budi Daya Lele Jadi Harapan Pengentasan Kemiskinan di Desa Kadipiro, Sambirejo, Sragen
user
Tri Rahayu , 
Kamis, 1 Juli 2021 - 12:19 WIB
share
SOLOPOS.COM - Kades Kadipiro Ibnu Indratmoko (kiri) menjaring bibit lele yang berumur dua pekan di kolam milik Parjiyanto di Dukuh Wadang RT 013, Desa Kadipiro, Sambirejo, Sragen, Rabu (30/6/2021). (Espos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN – Berbagai desa melakukan aneka upaya untuk mengentaskan warganya dari kemiskinan. Di Desa Kadipiro, Kecamatan Sambirejo, Sragen, budi daya ikan lele menjadi harapan untuk mengangkat perekonomian warga. Kepala Desa Kadipiro, Ibnu Indratmoko, yang juga seorang peternak lele, menjelaskan keuntungan yang menjanjikan dari budi daya lele.

“Harga satu ekor untuk ukuran 3 cm Rp80/ekor, ukuran 4 cm Rp100/ekor, ukuran 5 cm Rp120/ekor, dan ukuran 6 cm Rp150/ekor. Setiap peternak  untuk modal produksi sekitar Rp3 juta dan hasilnya dalam waktu 40 hari bisa mendapatkan Rp8 juta. Artinya, peternak bisa untung Rp5 juta bersih,” kata dia. “Ini peluang besar. Tantangan kami tinggal pada mentalitas penduduk yang masih suka mendapat status sebagai warga miskin demi mendapatkan bantuan. Mind set itulah yang ingin kami ubah,” jelas Ibnu kepada solopos.com, Rabu (30/6/2021) .

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya
Ekspedisi Mudik 2024

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN