SOLOPOS.COM - Petugas Pemadam Kebakaran Boyolali dan warga berusaha menemukan buaya liar yang sempat dilihat warga di sungai Dusun Gombol, Desa Kebonbimo, Kecamatan/Kabupaten Boyolali, Jumat (2/7/2021). (Istimewa/Damkar Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Warga Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, sudah sedikit lega setelah ada kabar buaya yang sempat muncul di sungai di wilayah itu, tertangkap.

Pada Minggu (4/7/2021), seekor buaya sepanjang sekitar satu meter, tertangkap di Desa Kener, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang. Lokasinya sekitar satu kilometer dari lokasi penemuan buaya di Desa Kebonbimo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Desa Kebonbimo, Sudadi, membenarkan tersiar kabar tertangkapnya buaya tersebut. Dia mengatakan ada kemungkinan buaya yang sebelumnya terlihat di Dusun Gombol, RT 02/RW 01, Desa Kenonbimo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, bergeser ke arah timur, menuju Desa Kener.

Baca juga: Hiii… Buaya Liar Tiba-Tiba Muncul Kagetkan Warga Kebonbimo Boyolali

Dia menjelaskan awal penampakan buaya di sebuah sungai di wilayah Gombol, terjadi pada Jumat (3/7/2021). Saat itu dia menerima laporan dari ketua RT setempat.

Kemudian pada Jumat siang dia bersama warga mendatangi lokasi terlihatnya buaya tersebut. Namun setelah ditunggu satu jam, buaya tidak juga muncul. Pencarian dilanjutkan warga bersama Babinsa, Babinkamtibmas, Damkar dan sebagainya. Namun hingga Jumat malam pencarian belum menbuahkan hasil.

“Kemungkinan saat malam, saat tidak ada yang menunggui, buaya berpindah tempat. Mungkin bergeser ke arah timur [arah Kener],” kata dia, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Candi Sari, Pesona Objek Wisata Tersembunyi di Boyolali

Hingga pada Minggu (4/7/2021), warga di Desa Kener pun antusias untuk mencari buaya.

“Jadi itu lokasinya [penangkapan], kurang lebih satu kilometer dari lokasi penemuan pertama. Lokasinya di perbatasan Desa Kener [Semarang] dan Mojosongo [Boyolali],” lanjut dia.

Menggunakan Jaring

Menurut Sudadi, penangkapan dilakukan pada sekitar pukul 10.30 WIB. Penangkapan dilakukan menggunakan jaring.

“Setelah tertangkap, buaya lalu dibawa ke Balai Desa Kener. Sejumlah warga pun melihat karena penasaran. Kebetulan saat itu Sekdes saya lewat di daerah itu,” jelas dia.

Baca juga: Asale Desa Sidomulyo, Dua Desa yang Menjadi Satu di Boyolali

Pascatertangkapnya buaya tersebut, warga Gombol, Desa Kebonbimo, sudah lega sebab sudah tidak ada bahaya mengancam saat beraktivitas di dekat sungai.

“Kemarin sebelum ketangkap, warga mau ke sawah yang dekat sungai, was-was. Setelah penemuan, para penambang pasir, petani, pemancing, saat ini sudah sangat lega,” lanjut dia.

Salah satu warga, Kebonbimo, Suripto, juga sudah mengetahui kabar tertangkapnya buaya yang sempat terlihat di sekitar kampungnya.

“Infonya sudah ketangkap di daerah Kener. Warga sudah tenang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya