SOLOPOS.COM - Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah, Fiska Amanda Mulia, menunjukkan piala juara 2 dan juara favorit Poster Competition di gelaran Aection 3.0 IPB. (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kabar baik datang dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah, Fiska Amanda Mulia, menyabet dua gelar, yakni juara 2 dan juara favorit Poster Competition di gelaran Akmapesa Economic Competition (Aection) 3.0 Institut Pertanian Bogor (IPB).

Lomba tersebut salah satu dari tiga cabang yang diperlombakan di ajang yang digelar tiap tahun. Fiska, sapaan akrabnya, dinyatakan menang melalui poster berjudul “Pentingnya Jiwa Entrepreneurship pada Generasi Milenial dengan Menciptakan Produk Kreatif”.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Poster tersebut dianggap mampu merepresentasikan tema Aection 3.0 yaitu Generasi Kreatif Pembangun Ekonomi Menuju Indonesia Gemilang. Fiska mengaku senang atas raihannya ini. Selain senang karena puas, Fiska mengatakan dapat menyalurkan pemikirannya tentang dunia kewirausahaan yang dia tekuni.

Baca Juga : Menko Airlangga Ajak Anggota ASEAN Membangun Ekonomi Digital

“Perasaan saya Alhamdulillah senang karena bisa menuangkan ide, gagasan, dan harapan dalam sebuah poster. Kebetulan tema posternya sesuai dengan latar belakang saya sebagai seorang wirausaha,” ujar Fiska saat dihubungi tim uns.ac.id, Rabu (13/10/2021).

Mahasiswi asal Kabupaten Sragen, Jawa Tengah tersebut memang sudah menekuni dunia wirausaha sejak 2017 lalu. Dia memiliki usaha di bidang kuliner yakni memproduksi aneka macam bronis.

Kue bronis yang dia beri nama Bronislur itu terbilang cukup sukses bahkan omset meningkatkan di tengah pandemi Covid-19. Usaha tersebut juga mendapat pendanaan dari Program Mahasiswa Wirausaha Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Baca Juga : Selamati Piala Thomas, Jokowi Disinggung Soal Sanksi WADA

Pengalaman sebagai wirausahawan membuatnya tergerak untuk membuat poster ini. Sejumlah informasi, tips, dan trik tentang wirausaha dibeberkan dalam poster buatannya. Dalam poster tersebut, Fiska mengajak generasi milenial untuk menjadi wirausaha dengan memanfaatkan media sosial.

Dengan adanya poster tersebut, Fiska berharap banyak pemuda yang mengikuti jejaknya sebagai wirausahawan. “Harapan saya dari poster ini semakin menambah semangat generasi milenial untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan Republik Indonesia dengan cara menjadi young entrepreneur. Jadi, siapkah kami menjadi generasi milenial yang mengambil bagian untuk mempercepat laju perekonomian Indonesia?” tukasnya.

Kemenangan Perdana

Capaian Fiska kali ini merupakan kemenangan pertamanya di lomba poster. Fiska mengaku telah mengikuti puluhan lomba poster, tapi tidak berhasil mendapatkan predikat. Dengan pantang menyerah dan usaha keras, Fiska akhirnya dapat memenangkan lomba poster kali ini.

Baca Juga : Tumbangkan Wakil China, Anthony Ginting Sempat Degdegan

“Ini kali pertama saya juara lomba poster tahun ini setelah ada 10 kali gagal. Latar belakang saya memang bukan anak seni, jadi bikin poster hanya iseng-iseng. Sehingga saya banyak kalahnya pas ikut lomba poster. Alhamdulillah kali pertama di tahun ini juara lomba poster sekaligus dua kategori, juara 2 dan juara favorit,” pungkasnya.

Kendati demikian, Fiska dikenal sebagai mahasiswa dengan segudang prestasi. Beberapa prestasi Fiska di antaranya juara 1 UMKM Competition Tingkat Nasional yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor (IPB), juara 2 Inovasi Bisnis UMKM Berbasis Digital Tingkat Nasional yang diselenggarakan Institut Teknologi Kalimantan.

Selain itu, juara 2 Lomba Infografis Tingkat Nasional yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri Yogyakarta. Fiska juga menjadi juara 2 Business Plan Competition Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh UNS dan juara 2 Kompetisi Inovasi Digital Tingkat Nasional yang diselenggarakan UNS Fintech Center.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya