[x] close
top ear
Ilustrasi biji kopi. (Reuters)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi biji kopi. (Reuters)

Buat Kamu yang Suka Ngopi, Ini Manfaat Kopi buat Kesehatan

Inilah sejumlah manfaat kopi untuk kesehatan selain hanya melancarkan pencernaan dan meningkat fokus.
Diterbitkan Selasa, 14/07/2020 - 22:19 WIB
oleh Solopos.com/Yunita Dewi Nur Rohmah
3 menit baca

Solopos.com, SOLO — Kopi dikenal mengandung kafein yang merupakan stimulan alami yang memiliki manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan suasana hati dan fokus. Selain itu, kopi dapat juga menenangkan pikiran.

Kopi ternyata juga berguna untuk melancarkan pencernaan. Salah satu barista yang cukup dikenal, Viki Rahardja, mengatakan kopi bukan hanya mengandung kafein.

"Namun kopi juga penuh dengan antioksidan serta nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh dan pencernaan." tulis Vikri di akun Instagramnya, @vikirahardja, Kamis (9/7/2020).

Dikutip dari Jurnal Critical Reviews in Food and Nutrition yang diunggah @vikirahardja mengungkapkan kafein juga dapat merangsang dorongan untuk buang air besar.

"Karena dapat mengaktifkan kontraksi di usus besar. Kopi dapat menstimulasi gerakan usus besar distal atau usus bagian ujung bawah usus besar," jelasnya.

Alhamdulillah, 227.467 Debitur di Soloraya Dapat Restrukturisasi Kredit

Masih banyak manfaat kopi selain hanya untuk pencernaan. Berikut merupakan manfaat lain dari kopi untuk kesehatan, dikutp Detik.com, Selasa (14/07/2020):

Membuat Perasaan Bahagia

Dengan meminum kopi dapat membuat pikiran rileks kemudian menjadi bahagia. Para peneliti mengkonfirmasi penemuan bahwa dengan meminum kopi dapat membuat emosi positif, kebaikan, kasih sayang, kepuasan, persahabatan, ketenangan, begitu juga kesenangan. Pada temuan ini dijelaskan bahwa tidak ada kemunculan emosi negatif dalam meminum kopi.

Peneliti lain dari Harvard meneliti lebih dari 50.000 wanita untuk meminum kopi, hasil termuannya ialah risiko depresi menurun ketika mengonsumsi kopi berkafein.

Kopi Mengandung Antioksidan

Biji kopi sebenarnya memiliki pigmen berwarna merah terang dan kuning. Dalam buah kopi kaya akan antioksidan, baik buahnya maupun biji kopi. Terdapat penelitian bahwa kopi merupakan penyumbang antioksidan terbesar.

Anstioksidan dalam kopi dapat menjaga kesehatan tubuh. Asam klorogenik, polifenol pada kopi terbukti dapat mengurangi peradangan dan mungkin dapat melindungi terhadap penyakit kronis, termasuk obesitas.

Tidak Patuhi Protokol, Warga Solo Siap-Siap Dihukum

Buah kopi juga dapat dimanfaatkan sebagai kompos dengan dikeringkan, dapat juga diseduh menjadi minuman, serta buah kopi biasanya digunakan oleh produk-produk minuman energi, karena buah kopi juga mengandung kafein.

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe Dua

Para peneliti mengungkapkan bahwa dengan meminum kopi secangkir sehari dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes sebesar 6%.

Hal ini karena terdapat efek antioksidan dan anti-inflamasi pada kopi. Kopi dapat pula meningkatkan pembakaran kalori pada tubuh serta memberi dampak pada keberagaman jenis mikroba pada usus dehingga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Meningkatkan Kualitas Olahraga

Terdapat penelitian menunjukkan bahwa dengan meminum kopi dengan takaran sedang dapat meningkatkan kualitas olahraga. Kopi memberikan efek meningkatkan kekuatan otot, daya tahan, dan kekuatan sehingga mengurangi rasa sakit saat olahraga.

Oleh karena itu membuat tubuh semakin kuat saat olahraga, sehingga kekuatan otot dan daya tahan tubuh membaik.

Melindungi Tubuh dari Berbagai Penyakit

Dengan meminum kopi dapat mencegah penyakit muncul dalam tubuh. Terdapat studi yang menunjukkan penyakit-penyakit tersebut seperti kanker tertentu, seperti kanker payudara, kolorektal, endometrium, dan prostat, dapat juga mencegah penyakit jantung dan parkinson. Serta mengurangi resiko terserang strok.

Stimulan bagi Otak

Kopi berkafein dapat meningkatkan daya konsentrasi, selain itu meningkatkan kewaspadaan dan daya ingat hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Meskipun meminum kopi memberikan banyak manfaat, namun tidak diperbolehkan mengonsumsi kopi dengan berlebihan.

Meminum kopi tidak boleh lebih dari lima gelas pendek atau 2,5 gelas yang berukuran tinggi. Saat meminum kopi lebih baik menghindari tambahan pemanis buatan maupun gula tambahan.

Hindari mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur, supaya tidur dapat optimal. Jika kopi berkafein tidak cocok oleh tubuh, dapat juga meminum kopi tanpa kafein.


Editor : Profile Ginanjar Saputra
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci : #kopi #tips kesehatan

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini