[ X ] CLOSE

BTS Gelar Konser di JIS, Intip Fasilitas Stadion Terbesar di RI Ini

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (JakPro) Widi Amanasto mengatakan BTS berencana menggelar konser di JIS tahun depan. 
BTS Gelar Konser di JIS, Intip Fasilitas Stadion Terbesar di RI Ini
SOLOPOS.COM - BTS (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Kabar gembira buat para Kpopers sebab boyband asal Korea Selatan, Bangtan Boys (BTS) berencana menggelar konser di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada 2022. Stadion ini digadang-gadang menjadi yang terbesar di Indonesia dengan kapasitas 82.000 penonton.

Kapasitas JIS  yang akan lokasi konser BTS ini diklaim lebih besar dari stadion klub kelas dunia, seperti Real Madrid (81.044 penonton), Manchester United (76.000 penonton), dan AC Milan (75.293 penonton).  Lalu seperti apakah fasilitasnya?

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (JakPro) Widi Amanasto mengatakan BTS berencana menggelar konser di JIS tahun depan.  Hal itu diutarakan Widi saat memberikan sambutan saat acara kunjungan DPRD DKI Jakarta di JIS, Jakarta Utara pada Jumat (22/10/2021). Widi menuturkan JIS akan dilengkapi dengan sound system canggih mendukung untuk menggelar konser-konser besar.

Sound system-nya juga menggunakan echo. Jadi, kalaupun nanti ada BTS, rencana BTS akan manggung juga mungkin di tahun depan, itu nanti menggunakan sound yang bagus,” tutur Widi seperti dikutip dari Detik.com, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Wow! Manga Detective Conan Telah Terjual 250 Juta Eksemplar

Widi mengatakan JIS memiliki atap stadion yang bisa dibuka-tutup, sehingga suara ketika konser akan maksimal.  “Atap kita tutup, jadi suaranya sangat bagus, beda dengan yang di GBK, karena kita pakai sound system canggih, sudah diperhitungkan,” ungkap Widi.

Widi mengatakan JakPro sudah menjalin komunikasi awal dengan pihak manajemen BTS dan mendapat tanggapan yang cukup baik. “Sudah ada komunikasi, baru komunikasi awal ya dan mereka ada waktu kosong sebenarnya di bulan tertentu di tahun depan,” ujar Widi.

“Respons mereka ya tertarik pastinya ke Indonesia, dan tidak hanya BTS. Jadi nanti kita akan bikin event setiap bulan. Ini kan tertutup, jadi suaranya jauh lebih bagus dari sound system yang kita buat beda,” sambungnya.

Saat ini progress pembangunan JIS sudah mencapai 76,52 persen. Soft launching JIS akan dilakukan pada 10 Desember 2021. Sementara itu, grand launching atau peresmian JIS dijadwalkan pada Maret 2022.

Baca Juga: Punya Suami Tajir, Shandy Aulia Punya Sumber Kekayaan Sendiri

Pembangunan JIS ditugaskan kepada PT Jakpro, di mana AD-ART PT Jakpro dapat membangun dan mengelola stadion sebagai salah satu properti kota. Serta memiliki portofolio dalam membangun dan mengelola sarana olahraga skala internasional, yaitu Velodrome dan Equestrian (Asian Games 2018). Pembangunan JIS membutuhkan pendanaan sebesar Rp 4,5 triliun dengan sumber pendanaan seluruhnya melalui melalui APBD (penyertaan modal daerah). Sedangkan pengelolaan fasilitas akan dikelola oleh PT Jakpro dengan sumber pendanaan lain.

Pembangunan JIS pun terus dikebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di tengah pandemi Covid-19. Berdasarkan instruksi Anies, JIS akan diresmikan pada Desember 2021. Dikutip dari situs Jakpro, JIS didukung dengan fasilitas transportasi publik yang memadai sesuai konsep pengembangan kawasan berorientasi transit (transit-oriented development/TOD).

Fasilitas stadion juga dibuat modern, yang mana rumputnya dan lapangan latih berjenis hybrid turf sesuai standar FIFA. Kemudian, tersedia lahan parkir luas dengan delapan ratus lot parkir mobil dan seratus lot parkir bus, atap buka-tutup, dua ratus tempat duduk khusus difabel dan skyview deck. JIS dirancang sebagai pusat kegiatan strategis, tidak hanya untuk mengakomodir kegiatan olahraga, tetapi juga kegiatan komersial, edukasi, dan hiburan.

Baca Juga: Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Infrastrukturnya juga menerapkan skema green building (ramah lingkungan). JIS akan menjadi stadion pertama di Indonesia yang mengusung konsep keberlanjutan (sustainability). JIS akan menggunakan energi baru terbarukan sebesar 5,1% dari daya listrik yang dibutuhkan Gedung dengan memanfaatkan solar panel.

Selain itu, ruangan-ruangan di JIS akan menggunakan lampu LED, termasuk juga taman-taman yang ada di kawasan stadion karena lebih hemat energi. Sedangkan di lapangan, nantinya akan memakai sport lighting khusus untuk menunjang penyiaran (broadcasting).



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago