SOLOPOS.COM - boyband Korea Selatan BTS. (Koreaboo)

Solopos.com, SOLO-Perhelatan Billboard Music Awards 2022 menelurkan sejumlah rekor baru salah satunya kemenangan grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan atau BTS pada tiga kategori. Hal ini menjadikan mereka sebagai grup atau duo dengan penghargaan terbanyak di acara yang berlangsung di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat pada 15 Mei 2022 waktu setempat itu.

Seperti dikutip dari laman Billboard dan Antara, Senin (16/5/2022), grup beranggotakan tujuh personel itu salah satunya memenangkan kategori top duo/group untuk ketiga kalinya, seperti yang pernah dicapai grup One Direction.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain BTS, ada penyanyi Olivia Rodrigo yang juga pecahkan rekor BBMA 2022 dengan tujuh penghargaan, termasuk dalam kategori artis baru dan album teratas Billboard 200 melalui album debutnya, Sour. Ini menandai tahun ketiga berturut-turut album debut menerima penghargaan tertinggi ini.

Ye yang sebelumnya dikenal sebagai Kanye West, memenangkan enam penghargaan, lebih banyak dari artis pria lainnya tahun ini. Dia menyapu kategori gospel dan Christian, top artist, top album dan lagu.

Baca Juga: BTS Tidak Hadiri Billboard Music Awards 2022, Ini Alasannya

Capaian ini menjadikannya total penghargaan BBMA 17 sepanjang kariernya dan menempatkannya sejajar dengan Eminem di papan peringkat BBMA sepanjang masa.

Tiga artis dengan penghargaan BBMA terbanyak masing-masing memenangi beberapa penghargaan pada malam itu, memungkinkan mereka untuk mempertahankan peringkat kemenangan, tempat, dan pertunjukan mereka.

Drake memenangi lima penghargaan, meningkatkan totalnya menjadi 34. Taylor Swift memenangkan empat, meningkatkan totalnya menjadi 29. Sementara Justin Bieber memenangkan lima penghargaan, meningkatkan totalnya menjadi 26.

Drake memenangkan kategori top artist untuk ketiga kalinya. Dia juga memenangkan top male artist kali ketiga kali, top rap artist untuk rekor keempat kalinya dan top rap album ketiga kalinya untuk “Certified Lover Boy”.

Swift memenangkan kategori top Billboard 200 artist untuk kelima kalinya yang memperpanjang rekornya. Dia juga memenangkan penghargaan itu tahun lalu. Capaian ini menandai pertama kalinya dia menang dalam kategori penting itu selama dua tahun berturut-turut.

Baca Juga: Agensi Umumkan BTS akan Rilis Album Baru pada 10 Juni 2022

Swift juga memenangkan kategori top country artist, penghargaan yang sebelumnya dia memenangi pada 2011 dan 2013. Ini memungkinkan dia untuk menyamai Garth Brooks sebagai satu-satunya pemenang tiga kali dalam sejarah kategori tersebut.

Red (versi Taylor) memenangkan top country album, penghargaan yang dimenangkan Red versi asli pada tahun 2013. Swift menjadi pemenang empat kali dalam kategori itu. Kejutan terbesarnya, dia juga memenangkan kategori top country female artist untuk pertama kalinya.

Justin Bieber menjadi artis pertama dalam sejarah BBMA yang memenangkan kategori Hot 100 song lebih dari sekali. Dia menang tahun ini untuk Stay, kolaborasinya dengan The Kid LAROI.

Lady Gaga memenangkan kategori top dance/electronic untuk tahun ketiga berturut-turut. Gaga juga menang dalam kategori pada 2011-2012, dan memungkinkannya mengungguli The Chainsmokers sebagai peraih kemenangan terbanyak dalam sejarah kategori tersebut.

Baca Juga: Olivia Rodrigo Woman of the Year Billboard 2022

Bad Bunny memenangkan kategori top Latin artist ketiga kalinya. KGO516 karya Karol G memenangkan kategori top Latin album, menjadikannya artis wanita sebagai pemenang pertama sejak La Misma Gran Señora dari Jenni Rivera pada tahun 2013.

Telepatía dari Kali Uchis memenangkan top Latin song menjadikannya artis wanita pertama yang meraih kategori ini sejak kemenangan Shakira pada tahun 2011.

Dan + Shay memenangkan top country duo/group untuk ketiga kalinya. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengungguli Florida Georgia Line sebagai pemenang teratas dalam sejarah kategori tersebut, yang dimulai pada tahun 2018.

Lil Nas X dan Jack Harlow membawa pulang kategori top rap sing melalui Industry Baby, dua tahun setelah Lil Nas X menang dalam kategori untuk Old Town Road (Remix), yang menampilkan Billy Ray Cyrus.

Leave the Door Open dari Silk Sonic memenangkan top R&B song. Bruno Mars yang bermitra dengan Anderson .Paak di Silk Sonic, menang dalam kategori ini empat tahun lalu melalui That’s What I Like. Mars menjadi artis ketiga yang menang dua kali dalam kategori ini, setelah Pharrell Williams dan The Weeknd.

Twenty one pilots meraih kemenangan di kategori top rock album untuk Scaled dan Icy, enam tahun setelah kemenangan serupa untuk Blurryface. Duo ini menjadi yang keempat meraih dua kali kemenangan dalam kategori tersebut, setelah Coldplay, Imagine Dragons dan Mumford & Sons.

Sementara itu, Doja Cat memenangkan empat penghargaan, termasuk top R&B artist. Dia artis wanita keempat yang menang dalam kategori ini dalam sedekade terakhir, mengikuti Rihanna, Beyoncé dan Ella Mai.

The Weeknd memenangkan satu kategori sehingga total kemenangannya menjadi 20 penghargaan. Capaian ini menjadikannya artis keempat dalam daftar pemenang sepanjang sejarah BBMA.



Baca Juga: Peraturan Baru Billboard untuk Hot 100, Apakah Berpengaruh pada BTS?

Terakhir, ada dua raksasa rock yang karirnya sudah lebih dari setengah abad memenangkan BBMA 2022. Elton John memenangkan kategori top dance/electronic dance untuk kolaborasinya dengan Dua Lipa, Cold Heart (PNAU Remix).  The Rolling Stones membawa pulang kategori top tour dan top rock tour untuk No Filter Tour.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya