SOLOPOS.COM - Kondisi rumah Kariyo Giman yang tertimpa pohon tumbang di Dusun Ngiyono, RT 01 RW 08, Nglegok, Ngargoyoso, Karanganyar, Minggu (07/11/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Satu rumah warga di Dusun Ngiyono RT 01 RW 08, Nglegok, Ngargoyoso, Karanganyar, rusak tertimpa pohon tumbang saat terjadi hujan deras, Minggu (7/11/2021).

Rumah tersebut diketahui milik Kariyo Giman yang merupakan orang tua salah satu anggota Tim SAR Kabupaten Karanganyar, Dwi Haryanto. Dihubungi Solopos.com, Minggu, Dwi mengatakan peristiwa itu terjadi pada dini hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pukul 00.00 WIB sampai sekitar pukul 01.00 WIB atau 02.00 WIB itu hujan lebat disertai angin kencang. Kebetulan pohon yang menimpa rumah itu letaknya dekat aliran air dan aliran airnya deras. Air mengikis tanah yang membuat akar dari pohon tidak lagi tertahan oleh tanah sehingga pohon runtuh menimpa rumah,” kata Dwi.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: 6 Orang Hanyut saat Mancing di Sungai Karanganyar, 1 Belum Ditemukan

Ia mengatakan pohon yang tumbang tersebut adalah pohon suren setinggi kurang lebih 9-10 meter. Bagian rumah yang tertimpa pohon suren yang tumbang di Ngargoyoso, Karanganyar, tersebut hanya pada bagian dapur.

“Kerusakan yang diakibatkan tidak terlalu parah, hanya genting dan kayu penyangga yang rusak sehingga menyebabkan barang-barang di dapur tertimpa reruntuhan genting dan kayu,” kata Dwi.

Dwi juga mengatakan dari kejadian tersebut tidak sampai menyebabkan korban luka maupun korban jiwa. “Kebetulan ibu dan bapak saya sedang tidur di kamar, sehingga tidak ada korban luka maupun korban jiwa. Kejadiannya dini hari,” kata Dwi.

Baca Juga: Seribuan Nama Dicoret dari Daftar Penerima BLT PKL Karanganyar, Kenapa?

Tim SAR Kabupaten Karanganyar yang mendapat informasi segera datang melakukan penanganan pada Minggu pagi. Mereka memotong pohon yang menimpa rumah dibantu oleh masyarakat setempat.

Kemudian petugas kepolisian dan TNI dari koramil juga datang saat evakuasi pohon. “Penebangan dilakukan itu pukul 07.00 WIB, pukul 07.30 selesai langsung dilakukan perbaikan rumah dan pukul 09.00 WIB sudah selesai semua,” kata Dwi.

Saat proses perbaikan rumah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar juga memberikan bantuan logistik bagi petugas, sukarelawan, dan warga yang bergotong royong memperbaiki rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya