Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Brrr! Wisata Candi Muncar Wonogiri yang Sejuk di Lereng Lawu Selatan

Wisata Candi Muncar berlokasi di Siroto, Bubakan, Girimarto, Wonogiri.
SHARE
Brrr! Wisata Candi Muncar Wonogiri yang Sejuk di Lereng Lawu Selatan
SOLOPOS.COM - Suasana di Wisata Candi Muncar berlokasi di Siroto, Bubakan, Girimarto, Wonogiri. (Istimewa/Instagram@candi_muncar)

Solopos.com, WONOGIRI — Wisata Candi Muncar berlokasi di Siroto, Bubakan, Girimarto, Wonogiri. Lokasi ini dinilai sangat cocok untuk healing dengan suasana beningnya air telaga dan pemandangan perbukitan di lereng Lawu bagian selatan.

Informasi Wisata Candi Muncar telah tersebar luas di berbagai media, termasuk media sosial (medsos). Disebut Candi Muncar padahal tak ada candi di lokasi tersebut. Konon, tak jauh dari telaga tersebut terdapat petilasan yang diduga sebagai candi.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Informasi tentang Wisata Candi Muncar Wonogiri salah satunya diperoleh dari channel Youtube Wens_3699 Channel, 25 Februari 2021. Saat dikunjungi Solopos.com, Selasa (17/5/2022) siang, video berjudul Bendungan Candi Muncar Girimarto Kab Wonogiri tersebut telah ditonton 1.185 kali.

Dalam video tersebut digambarkan beningnya telaga di Candi Muncar Wonogiri. Saat pengambilan gambar, suasana di telaga dilanda gerimis. Di telaga terdapat sejumlah ikan berwarna-warni.

Dalam diskripsinya, bendungan Candi Muncar merupakan wisata alam yang berada di perbukitan di lereng pegunungan Lawu selatan. Sehingga daerah tersebut berhawa sejuk khas pegunungan.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Wonogiri Ini Hasilkan Rp666 Juta saat Momen Lebaran

Sumber air berasal dari aliran air terjun muncar. Bendungan Candi Muncar seperti sebuah telaga yang diapit oleh perbukitan yang asri.

“Selain menikmati kesejukan alam pegunungan, pengunjung dapat naik getek,” kata Wens_3699 Channel.

Di kesempatan itu, juga dijelaskan tentang sejarah Candi Muncar. Pemerintah dan masyarakat ingin membuat bendungan untuk menyediakan irigasi.

Baca Juga: Ini Wisata Baru di Wonogiri yang Layak Dikunjungi saat Libur Lebaran

Pemerintah kemudian mulai membangun bendungan tanggal 15 mei 1976. Nama proyeknya, yaitu pembangunan Waduk Candi Muncar Girimarto. Pembangunannya selesai setahun kemudian, tepatnya tanggal 31 maret 1977.

“Waduk Candi Muncar diresmikan oleh bupati Wonogiri. Ketika itu, KRMH Soemoharmoyo, tanggal 8 Agustus 1977,” kata Wens_3699 Channel.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode