[ X ] CLOSE

Brrr...Ini Kota Terdingin di Indonesia

Sebagian besar masyarakat di kota terdingin di Indonesia menggunakan rumah adat Papua yakni Hanoi yang tidak punya jendela sehingga udara dingin tak masuk.
Brrr...Ini Kota Terdingin di Indonesia
SOLOPOS.COM - Distrik Mulia di Papua jadi kota terdingin di Indonesia (indonesia.go.id)

Solopos.com, SOLO -- Dieng di Jawa Tengah atau Kota Batu di Jawa Timur memang termasuk daerah berhawa dingin di Indonesia. Namun, julukan kota terdingin di Indonesia lebih pas disandang Distrik Mulia di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Kota Mulia yang menjadi daerah terdingin di Indonesia ini terletak di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian itu, setidaknya Kota Mulia memiliki ketinggian yang hampir sama dengan kawasan Ranu Kumbolo di Gunung Semeru.

Atau ketinggian Kota Mulia itu mendekati ketinggian puncak Gunung Prau di kawasan Dieng yang berada di 2.590 meter di atas permukaan laut.

Kota Mulia adalah satu-satunya daerah berpenghuni yang ketinggiannya dikelilingi pegunungan Jaya Wijaya atau Puncak Jaya di Papua. Bagi para pendaki gunung, pegunungan Puncak Jaya tentu tidak asing lagi. Pegunungan Jaya Wijaya merupakan puncak tertinggi pertama di Indonesia dengan ketinggian 4.884 mdpl.

Distrik Mulia ini dikelilingi pegunungan Jaya Wijaya jadi bisa dibayangkan seperti apa dinginnya? Tidak salah kiranya Distrik Mulia dinobatkan sebagai kota terdingin di Indonesia karena saat siang hari suhunya hanya 15 derajat Celcius. Bila malam tiba, suhu akan turun 9 derajat Celsius.

Ini tidak hanya terjadi pada waktu tertentu, namun hampir sepanjang tahun. Selain itu, curah hujan juga terjadi hampir setiap tahun. Tidak aneh bila saat datang ke Kota Mulia akan jarang ditemukan rumah warga yang berbahan semen.

Hampir sebagian masyarakat di kota terdingin ini menggunakan rumah adat Papua yakni Hanoi. Selain untuk melestarikan kearifan lokal, rumah Hanoi juga dibuat tanpa jendela agar udara dingin tidak mudah masuk, terutama di malam hari.

Sementara bangunan yang menggunakan bahan semen hanya terlihat di perkantoran seperti kantor desa, puskesmas, sekolah dan gedung pelayanan sosial lainnya.

Monumen Penampakan Roh Kudus

Monumen Penanmpakan Roh Kudus
Monumen Penanmpakan Roh Kudus di Distik Mulia (Istimewa)

Berada di ketinggian, tidak menjadikan Kota Mulia jauh dari keramaian. Di kota ini terdapat Monumen Penampakan Roh Kudus dan Taman Getsemani Bukit Zaitun yang menjadi ikon kota ini dan menjadi tujuan wisata khususnya wisata rohani warga Nasrani.

Monumen itu diresmikan pada 2013 lalu, sedangkan Taman Getsemani Bukit Zaitun diresmikan pada 2015. Kota terdingin di Indonesia ini memiliki 9 kampung yang ditinggali 123.591 orang.

Kota Mulia memiliki luas 268 kilometer persegi. Meski berada di kawasan pegunungan, distrik ini memiliki 3 SD, 1 SMP, dan 2 SMA. Untuk fasilitas kesehatan, distrik ini punya 1 rumah sakit, 1 puskesmas, dan 10 klinik atau balai kesehatan.

Sebagian warga kota terdingin di Indonesia merupakan petani. Hasil yang paling banyak dihasilkan adalah ubi jalar. Sepanjang 2018 ada 68,96 hektare yang menjadi area tanaman ubi jalar bisa dipanen. Baru setelah itu jagung dan ubi kayu.

Tidak jauh berbeda dengan daerah lain di Papua, konsumsi babi di kota terdingin di Indonesia ini cukup tinggi. Misalnya pada 2016 lalu ada 822 ekor babi yang dipotong sepanjang tahun. Sedangkan sapi hanya 3 ekor dan kambing 5 ekor.

Sebenarnya tidak hanya Distrik Mulia yang menjadi kota terdingin. Sebagaimana dilansir dari indonesia.go.id, Papua merupakan daerah terdingin di Indonesia.

Papua memiliki kawasan pergunungan yang menjulang tinggi. Bahkan dari 10 gunung di Indonesia, 5 gunung di kepulauan Papua diantaranya yang paling tertinggi secara berturut-turut dengan ketinggian 4000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pertama, Puncak Jaya atau sebutan lainnya Cartenz Pyramid yang berlokasi di Kabupaten Mimika. Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 mdpl. Puncak Jaya masuk sebagai kawasan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO karena termasuk dalam daftar 7 puncak gunung-gunung tertinggi dari tujuh benua di dunia.

Gunung tertinggi kedua adalah Puncak Mandala di Kabupaten Pegunungan Bintang dengan ketinggian 4.760 mdpl, kemudian Puncak Trikora 4.750 mdpl di Tagineri Kabupaten Jaya Wijaya, puncak Valentiyn di Kabupaten Yahukimo ketinggian 4.453 mdpl, serta Pegunungan Hens 4.061 di daerah Beoga Kabupaten Puncak.

Saking banyaknya gunung-gunung menjulang tinggi itulah yang menjadi jawaban, mengapa Papua disebut sebagai daerah terdingin di Indonesia. Bagaimana, penasaran melancong ke kota terdingin di Indonesia?



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago