BRI Ganti Saldo Tabungan Nasabah di Jogja, Korban Kejahatan Skimming

BRI Jogja, DIY langsung merespons peristiwa berkurangnya saldo tabungan salah satu nasabahnya, Marsen Benedictus Sinaga, dengan melakukan penggantian.
SHARE
BRI Ganti Saldo Tabungan Nasabah di Jogja, Korban Kejahatan Skimming
SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Solopos.com, SOLO – BRI Jogja, DIY langsung merespons peristiwa berkurangnya saldo tabungan salah satu nasabahnya, Marsen Benedictus Sinaga, dengan melakukan penggantian atas kerugian nasabah tersebut.

Seorang nasabah Bank BRI di Jogja, DIY, bernama Marsen Benedictus Sinaga, 50, mengalami kejadian tak disangka-sangka. Ia mengaku uang tabungannya senilai Rp38,4 juta raib tanpa sepengetahuannya.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Pemimpin Cabang BRI Yogyakarta Katamso, Rahmad Budi Sulistia dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (30/11/2021) mengatakan, BRI telah menerima pengaduan nasabah tersebut. Selanjutnya melakukan investigasi atas pengaduan tersebut.

Baca juga: Tabungan Nasabah BRI di Jogja Rp38,4 Juta Raib, Ada Transfer Misterius

Menurut Rahmad Budi, nasabahnya Marsen Benedictus merupakan korban tindak kejahatan skimming. BRI Jogja juga telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk menangkap pelaku kejahatan skimming.

“BRI sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengungkap kasus ini, karena yang menjadi korban tidak hanya nasabah tapi juga BRI. Sedangkan untuk nasabah, BRI telah melakukan penggantian atas kejadian ini,” kata Rahmad Budi.

Dengan adanya kejadian ini, BRI Jogja mengimbau nasabah agar lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan. Selain itu rutin melakukan penggantian PIN kartu ATM dan juga menjaga kerahasiaan data nasabah.

“Jaga data seperti nomor rekening tabungan, nomor kartu, nomor CVV kartu kredit, nomor OTP transaksi, dan sebagainya. Kemudian apabila mendapat notifikasi melalui sms/email atas transaksi yang tidak dilakukan, nasabah agar segera menghubungi Contact BRI 14017/1500017 untuk melakukan disable/pemblokiran kartu ATM,” saran Rahmad Budi.

Baca juga: 7 Cara Jitu Bertransaksi Digital Biar Gak Kena Serangan Siber

Kemudian jika hendak menggunakan ATM perbankan di manapun, agar selalu memeriksa kondisi sekitar dan kewajaran dari mesin ATM tersebut. Rahmad Budi menyarankan, nasabah BRI Jogja saat input PIN sembari menutup dengan tangan untuk menjaga kerahasiaan.

Sebelumnya seorang nasabah Bank BRI di Jogja, DIY, bernama Marsen Benedictus Sinaga, 50, mengaku saldo tabungannya senilai Rp38,4 juta raib. Kejadian ini baru ia ketahui pada Kamis (25/11/2021) saat hendak mengambil uang di ATM BRI Prawirotaman, Kota Jogja.

Saat itu ia hendak mengambil uang Rp100.000, namun muncul notifikasi dari mesin ATM bahwa saldo tabungannya tak cukup. “Padahal, setahu saya masih ada uang Rp40 juta di saldo rekening saya,” katanya saat ditemui wartawatn, Selasa (30/11/2021).

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago