SOLOPOS.COM - Sosialisasi dan pemberian NIB kepada pengusaha UMKM. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-Sebagai bentuk dukungan agar UMKM naik kelas, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berkolaborasi dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) aktif menyosialisasikan NIB.

Nomor Induk Berusaha (NIB) tersebut dapat diterbitkan melalui Online Single Submission (OSS) Kementerian Investasi/BKPM yang nantinya juga berguna untuk proses pengajuan pinjaman dan pembukaan rekening simpanan di BRI. Terbaru, BRI turut berpartisipasi dalam acara Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Gedung Nanggala, Jakarta Timur, Rabu (13/7/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebanyak 600 nasabah UMKM BRI mengikuti acara pemberian NIB yang sekaligus merupakan sosialisasi pendaftaran izin usaha melalui Sistem Online Single Submission (OSS). Adapun Penerbitan NIB secara online melalui OSS dapat diakses di alamat oss.go.id.

Baca Juga: Riset BRIN: Penyaluran KUR BRI Efektif Bantu UMKM Kembangkan Usaha

Acara ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menteri BUMN  Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki. Selain itu, turut hadir dalam acara tersebut Direktur Utama BRI Sunarso yang didampingi oleh Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan perseroan akan terus berada di garis terdepan untuk membantu segmen UMKM. “BRI terus berkomitmen mendukung segala kebutuhan dan pendampingan UMKM. Salah satunya melalui acara pemberian NIB yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi ini,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Solopos.com pada Rabu (13/7/2022).

Baca Juga: Pelayanan KUR BRI Tuai Kepuasan Tinggi dari Nasabah

Selama ini, tenaga pemasar BRI di seluruh Indonesia terus aktif mengedukasi nasabah UMKM atau calon nasabah untuk menerbitkan NIB melalui OSS Kementerian Investasi/BKPM. Begitu pula bagi nasabah yang ingin membuka giro di BRI.

Sunarso menegaskan bahwa UMKM di Indonesia sangat membutuhkan edukasi secara konsisten dan berkelanjutan dari pada advokasi. “Oleh karenanya, BRI saat ini dan ke depan akan semakin fokus untuk memberdayakan dan mengedukasi pelaku usaha di segmen UMKM tersebut,” tegasnya.

Baca Juga: Jokowi: OSS Ditarget Bisa Terbitkan 100.000 NIB Per Hari untuk UMKM

Ke depan, BRI juga akan mengintegrasikan layanan OSS dengan BRISPOT. Pembukaan rekening giro pun dapat dilakukan secara digital sehingga semakin mempermudah masyarakat dalam pengajuan pinjaman dan pembukaan rekening simpanan di BRI.

Bagi nasabah/ calon nasabah BRI dapat mengajukan KUR /Pinjaman Lainnya, dan Pembukaan Giro dengan menggunakan NIB sebagai izin usaha yang berlaku. Sebelumnya terdapat lebih dari 1.500.000 pelaku UMKM yang terdaftar NIB. Kegiatan Sosialisasi NIB juga telah dilaksanakan di tiga kota, yakni Bandung, Surabaya, dan Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya