SOLOPOS.COM - Ilustrasi: Teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali melakukan penyerangan anggota Pos Koramil Persiapan Distrik Suru-Suru Kabupaten Yahukimo, Papua, Jumat (3/12/2021). Dalam peristiwa ini, dua prajurit TNI yang bertugas tertembak, salah satunya gugur. (Istimewa/Okezone)

Solopos.com, JAYAPURA – Seorang anggota Brigade Mobil (Brimob) Polri gugur setelah terlibat baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, Rabu (30/11/2022) pukul 17.45 WIB.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, baku tembak terjadi di KM 9 Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Anggota Brimob yang meninggal dunia berasal dari Polda Lampung.

“Iya benar (ada baku tembak),” ujar Direskrimum Polda Papua Kombes Pol. Faizal Rahmadani, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: KKB Papua Serang Petugas Patroli, Seorang Prajurit TNI Terluka Tembak

Yahukimo merupakan kabupaten di Provinsi Papua. Yahukimo terletak 100-3000 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan terdiri atas distrik Kurima, Anggruk, Ninia, Dekai, Obio, Suru-Suru, dan Wusama.

Kabupaten Yahukimo lebih besar daripada provisi DKI Jakarta. Luas Yahukimo yaitu 17.152 km² hampir tiga kali lipa DKI Jakarta yang hanya 661,5 km².

Yahukimo berbatasan dengan Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Keerom di sebelah utara.

Baca Juga: KKB Papua Kembali Berulah, 1 Pekerja Pembangunan Puskesmas Meninggal Dunia

Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Asmat, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pegunungan Bintang, dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Nduga.

Kondisi ini menjadikan Yahukimo dekat dengan kawasan pegunungan di Papua.

Baca Juga: Bukan Ditembak Separatis Papua, Prada Muhammad Tewas Dianiaya Rekan Tentara

Pada 3 Oktober 2022 lalu di Distrik Dekai terjadi kerusuhan antarsuku yang menewaskan enam orang dan puluhan orang terluka.

Tidak kurang 1.000 warga diungsikan guna menghindari lebih banyak korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya