Brankas Berisi Rp300 Juta Selamat dari Kebakaran Pasar Janglot Sragen

Brankas berisi uang Rp300 juta selamat dari kebakaran Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang menghanguskan puluhan kios dan los.
Brankas Berisi Rp300 Juta Selamat dari Kebakaran Pasar Janglot Sragen
SOLOPOS.COM - Kondisi salah satu kios Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang terbakar pada Minggu (26/9/2021) pagi. (Solopos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Brankas berisi uang Rp300 juta selamat dalam kebakaran di Pasar Janglot, Kecamatan Tangen, Sragen, Sabtu (25/9/2021) malam hingga Minggu (26/9/2021). Brankas itu milik toko emas di pasar tersebut.

Informasi tersebut diungkapkan Kapolsek Tangen, AKP Zaini, saat berbincang dengan Solopos.com seusai proses pemadaman kebakaran pasar, Minggu pagi.

Duduk di lincak kayu depan los pedagang sambil melihat kondisi bangunan pasar yang ludes, Minggu pagi, Zaini menceritakan kejadian malam sebelummya. Ia hanya mengenakan sendal jepit yang sudah bercampur bercak lumpur pasar, berkaus kerah warna merah tua, dan bercelana panjang.

Baca Juga: Pasar Janglot Tangen Sragen Terbakar, Puluhan Los Ludes

Zaini tengah menunggu tim identifikasi Polres Sragen yang sudah dalam perjalanan dari Polres Sragen. Masih lekang dalam ingatannya situasi semalam waktu api melalap habis bangunan pasar.

Aktivitas petugas pemadam kebakaran yang membawa empat unit mobil pemadam yang harus bolak-balik mencari air masih terngiang di ingatan Zaini.

Meski ada empat unit mobil tangki penyuplai air dari PMI, BPBD, dan mobil tangki swasta, ternyata belum cukup untuk memadamkan api dalam kebakaran Pasar Janglot, Sragen.

Baca Juga: Kebakaran Pasar Janglot Sragen: 50 Kios Kobong, Rp4,1 Miliar Melayang

Menjebol Tembok

“Api berkobar itu mulai pukul 23.30 WIB. Sebelum pukul 24.00 WIB, pemadam sudah tiba. Tetapi api baru bisa padam total pada pukul 03.30 WIB. Ya, praktis empat jam. Kami apel terakhir itu pukul 04.00 WIB,” ujarnya kepada Solopos.com.

Hingga Minggu pagi, Zaini baru bisa memperkirakan kerugian sampai Rp4,1 miliar. Kerugian itu bukan hanya dari bangunan los dan kios yang terbakar tetapi juga barang dagangan pedagang. Zaini bersyukur toko emas dan uang Rp300 juta dalam brankas selamat dari kebakaran tersebut.

Baca Juga: 4 Jam Api Membara, Puluhan Los-Kios Pasar Janglot Sragen Jadi Arang

Petugas pemadam kebakaran terpaksa menjebol tembok bagian belakang toko emas itu untuk jalan petugas. “Kalau tidak dijebol, api bisa merembet ke selatan. Kerugian bisa bertambah banyak,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang berlangsung kurang lebih waktu empat jam menghanguskan puluhan los dan kios. Total ada 66 orang pedagang yang kios dan losnya terbakar dalam kejadian itu.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago