Brain and Spine Center Rumah Sakit JIH Solo, Solusi Masalah Neurologis

Untuk memberikan dukungan ahli dan informasi tentang berbagai kondisi dan masalah neurologis RS JIH Solo telah memiliki Brain & Spine Center.
Brain and Spine Center Rumah Sakit JIH Solo, Solusi Masalah Neurologis
SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang yang mengalami sakit kepala. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Ada lebih dari 470 kondisi neurologis yang diketahui. Beberapa masalah atau kondisi neurologis hadir sejak lahir (bawaan), beberapa turun-temurun (genetik) dan yang lain memiliki serangan mendadak karena cedera atau penyakit, seperti cedera kepala atau stroke, kanker otak dan tulang belakang.

Menurut salah satu dokter di Rumah Sakit (RS) JIH Solo, drg. Hanis Prasetyo, Sp. BS (K), cedera serta kondisi yang memengaruhi otak dan tulang belakang tidak bisa dianggap enteng.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

“Sebab, otak dan tulang belakang adalah sumber neurologi, bedah saraf, dan kedokteran fisik,” ujar Hanis dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Kamis (19/5/2022).

Untuk memberikan dukungan ahli dan informasi tentang berbagai kondisi dan masalah neurologis RS JIH Solo telah memiliki Brain & Spine Center.

Fasilitas ini memahami dengan baik kebutuhan pelayanan bedah saraf dan tulang belakang secara personal dengan fasilitas teknologi kedokteran canggih, perawatan mutakhir dan pendekatan yang berfokus pada pasien.

Baca Juga: Sering Memakai Headphone, Ini Saran Dokter THT RS JIH

drg. Hanis Prasetyo, Sp. BS (K)  (Istimewa)
drg. Hanis Prasetyo, Sp. BS (K) (Istimewa)

Brain & Spine Center RS JIh Solo merupakan pusat layanan bedah saraf dan tulang untuk segala jenis gangguan saraf dan tulang belakang memberikan pasien perawatan yang komprehensif dan terintegrasi.

Beberapa layanan bedah saraf dan tulang belakang yang dapat dilakukan di Rumah Sakit JIH Solo diantaranya :

1. Bedah Saraf Trauma

Bedah saraf trauma secara khusus menangani kasus cedera kepala dan cedera otak.

2. Bedah Tulang Belakang

Bedah tulang belakang menangani pembedahan pada saraf tulang belakang, seperti saraf terjepit (HNP) atau tumor yang menekan saraf tulang belakang.

3. Bedah Saraf Vaskular

Bedah saraf ini mendiagnosis dan menangani masalah pada pembuluh darah di otak, seperti aneurisme otak, kelainan bentuk pembuluh darah di otak (malformasi arteri vena), fistula dan stroke iskemik.

Baca Juga: Waspada Gejala CVS pada Mata saat Pandemi, Ini Kata Dokter RS JIH Solo

4. Bedah otak atau Kranotomi

Sebagai prosedur pengobatan, kraniotomi dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengangkat tumor, membuang abses otak, memperbaiki tulang tengkorak yang patah, dan membuang gumpalan darah

5. Bedah Saraf Fungsional

Bidang saraf ini menangani sejumlah gangguan saraf yang mengatur gerakan motorik dan penerimaan rangsang atau sensorik, misalnya epilepsi, gangguan koordinasi tubuh, dan cerebal palsy atau lumpuh otak.

6. Bedah Saraf Pediatrik

Bidang ini menangani kanker otak dan gangguan pada saraf tulang belakang. Umumnya, dokter dapat menyarankan penanganan dengan metode kemoterapi, terapi radiasi, atau operasi pengangkatan tumor.

Baca Juga: Ini dia, Tips Buka Puasa dan Sahur Agar Nyaman dari RS JIH Solo

Menurut Hanis, dengan layanan kesehatan yang berpusat pada pencegahan, diagnosis, pengobatan dan rehabilitasi gangguan yang menyerang sistem saraf, meliputi otak, sumsum tulang belakang, dan saraf perifer.

“Brain and Spain CenterRS “JIH” Solo didukung oleh tim bedah saraf dan tulang belakangserta ditunjang oleh peralatan diagnostik, terapi, dan rehabilitatif (pemulihan) seperti MRI 1,5 T,”jelasnya.

Kerja sama holistik antar multidisplin di antaranya dokter ahli Neurology, Neurosurgery, Radiology, General Surgery, Medical Rehabilitation, Gizi adalah sinergitas yang diwujudkan oleh RS JIH Solo melalui layanan unggulan Brain and Spine Center.

Baca Juga: Jaga Mental Anak Usai Ortu Bercerai, Ini Jawaban Psikiater RS JIH Solo

Hal itu akan memberikan pelayanan medis dan bedah sesuai standar internasional dan teknik operasi minimal invasif yang ditunjang alat dan instrumen diagnostik serta pembedahan yang modern dan terbaru.

Jika Anda mengalami tanda-tanda gangguan saraf, segera periksakan diri ke dokter di Rumah sakit JIH Solo yang telah memiliki sarana dan prasarana yang memadai dengan layanan gawat daruart 24 jam dan jadwal dokter baik online maupun offline yang dapat di akses di www.rs-jih.co.id atau lewat Instagram @rs.jihsolo dan Facebook @rs.jihsoloofficial.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terpopular
    Indeks Berita
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago