SOLOPOS.COM - Rumah Artefak Blora (blorakab.go.id)

Solopos.com, BLORA -- Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran persolek Rumah Artefak Blora untuk memikat pengujung. BPSMP Sangiran memberikan bantuan teknis berupa penataan display koleksi benda cagar budaya milik Pemkab Blora yang disimpan dan dirawat di Rumah Artefak.

Mengutip laman Blora.go.id, Selasa (6/4/2021), Pamong Budaya Ahli Muda Museum BPSMP Sangiran, Dody Wiranto mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan amanah Undang-undang No 11 tahun 2010 Tentang Cagar Budaya.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Di situ menyatakan setiap orang berhak memperoleh dukungan teknis dan/atau kepakaran dari Pemerintah atau Pemerintah Daerah atas upaya Pelestarian Cagar Budaya yang dimiliki dan/atau yang dikuasai.

Baca Juga : Klethuk, Sentuhan Pamungkas Penambah Nikmatnya Soto Khas Blora

“Sehingga sesuai dengan sebagian besar koleksi dari tinggalan lingkungan atau budaya manusia purba, maka pemerintah melalui BPSMP Sangiran berkewajiban memberikan bantuan teknis,” kata dia.

Menurut Dody, dengan adanya bantuan teknis tersebut nantinya pengunjung atau publik mampu mendapatkan informasi, melalui interpretasi terhadap koleksi secara baik, benar, dan menarik.

Dengan demikian diharapkan Rumah Artefak mampu berperan optimal memberikan edukasi, informasi, dan hiburan kepada publik. Melalui penataan koleksi pada display secara menarik, baik dan benar, dilengkapi dengan label atau poster informasi yang mudah dipahami, tata cahaya yang mendukung untuk melihat secara nyaman.

Kebanggaan Blora

Tersedia pula alat peraga dan patung rekonstruksi homo erectus progresif, diharapkan memberikan nuansa kesenangan dan pengetahuan secara sinergis. “Harapannya, pertama, ke depan Rumah Artefak menjadi salah satu tujuan kunjungan publik yang ingin memperdalam pengetahuan alam, budaya, dan sejarah manusia,” paparnya.

Rumah Artefak juga diarahkan jadi pilot project percontohan museum mini yang cukup informatif dan menarik. Rumah Artefak bisa pula menjadi ruang diskursus berbagai studi ilmu yang akan menguatkan dan memperkaya generasi muda pada pendidikan, budaya, kesenian, dan pariwisata yang menjadi kebanggaan Blora.

Rumah Artefak Blora (Blora.go.id)
Rumah Artefak Blora (Blora.go.id)

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora, Slamet Pamudji, berterima kasih kepada BPSMP Sangiran yang telah memberikan bantuan teknis berupa penataan display koleksi yang dimiliki Rumah Artefak.

Baca Juga : Pemerintah Desa Di Kabupaten Blora Mulai Kembangkan Lahan Arboretum

Dirinya mempunyai keinginan bahwa Rumah Artefak yang ada di Blora adalah sebagai embrio berdirinya museum. Karena memang di perda tentang cagar budaya hal itu merupakan amanat bahwa kita harus punya museum ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya