SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi anak. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah menyetujui tiga produk vaksin Covid-19 untuk anak sebagai dosis primer maupun booster.

“Yang telah disetujui sebagai vaksin primer, yakni Sinovac untuk usia di atas 6 tahun, Pfizer di atas 12 tahun, dan Covovax di atas 12 tahun,” kata Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito, saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX DPR RI, Selasa (30/8/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia, baru Pfizer yang disetujui penggunaannya untuk booster homolog pada anak di rentang usia 16 hingga 18 tahun.

BPOM juga sedang memproses pengajuan Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Covid-19 Sinovac untuk dosis primer pada anak usia 3 tahun ke atas.

Penny mengatakan saat ini terdapat empat jenis vaksin Covid-19 untuk anak yang telah disetujui penggunaannya di luar negeri, sebagai dosis primer dan booster.

Baca Juga : 40,2 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa

Vaksin primer di antaranya Pfizer usia 6 bulan hingga 17 tahun di Amerika Serikat per Juni 2022. Kemudian, Moderna usia 6 bulan hingga 17 tahun di Amerika Serikat per Juni 2022.

Berikutnya, Sinovac usia di atas 3 tahun per 2021 di China. “Untuk booster baru satu yang disetujui untuk anak oleh Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab yaitu Pfizer untuk usia 5-17 tahun,” tuturnya.

BPOM, lanjutnya, sedang memproses pengajuan protokol uji klinik vaksin produksi dalam negeri untuk anak, di antara vaksin Inavac produksi PT Biotis bersama Tim Peneliti Universitas Airlangga dan Indovac yang dikembangkan PT Bio Farma.

Vaksin Inavac untuk usia 6-11 tahun telah memasuki fase uji klinik 3 untuk menentukan dosis optimal dan dilanjutkan menilai khasiat dan keamanan pada usia sasaran.

Vaksin Inavac untuk usia 12-17 tahun telah memasuki uji klinik fase 3 menggunakan dosis yang sama dengan dosis dewasa untuk menilai khasiat dan keamanan vaksin pada usia tersebut dibandingkan dengan Sinovac.

Baca Juga : Ini Nama Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia di Bawah 6 Tahun

Vaksin Indovac untuk usia 6-17 tahun telah memasuki fase uji klinik 3 menggunakan dosis yang sama dengan dosis dewasa untuk menilai khasiat dan keamanan vaksin pada usia sasaran dibandingkan dengan vaksin Covid-19 yang terdaftar di Indonesia.

“Harapannya pada September 2022 sudah diterbitkan EUA-nya. Kedua vaksin tersebut juga sedang diusulkan segera uji klinik untuk booster,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya