SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

BPJS Ketenagakerjaan sempat menjadi bulan-bulanan soal JHT. Terakhir, Presiden Jokowi memberi perkecualian.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri merevisi Peraturan Pemerintah (PP) No. 46/2015 yang menjadi payung hukum program Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Revisi dilakukan agar peserta yang terkena PHK dapat langsung mencairkan JHT sebulan setelah tidak lagi aktif bekerja. Dalam pertemuan dengan Presiden itu, Hanif didampingi oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G. Massasya.

“Intinya yang terkait dengan jaminan hari tua itu Presiden memerintahkan kepada kita untuk memastikan bahwa para pekerja yang terkena PHK bisa mengambil JHT-nya itu sebulan setelah kena PHK,” kata Hanif di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (3/7/2015).

Sebagai konsekuensi dari arahan tersebut, lanjutnya, PP No.46/2015 harus direvisi. Langkah revisi ini ditempuh kurang dari satu pekan setelah BPJS Ketenagakerjaan resmi beroperasi penuh sejak 1 Juli 2015 lantaran aturan tersebut menuai protes dari kalangan masyarakat.

Hanif Dhakiri memaparkan syarat kepesertaan 10 tahun untuk pencairan JHT tidak lagi berlaku bagi peserta yang mengalami PHK maupun mengundurkan diri dari pekerjaannya. Dengan pengecualian tersebut, peserta yang tidak lagi bekerja bisa mencairkan JHT satu bulan setelahnya.

Aturan tersebut diklaim lebih baik dibandingkan PP sebelum PP No. 46/2015 yang mengatur pencairan JHT untuk kepesertaan 5 tahun dan masa tunggu sebulan. “Dulu kan kepesertaan 5 tahun, masa tunggu 1 bulan baru bisa cairkan. Dengan arahan Bapak Presiden ini, kalau ada pekerja yang PHK, sebulan setelahnya bisa klaim JHT,” papar Hanif Dhakiri.

Menaker memastikan arahan Presiden akan segera ditindaklanjuti dan disosialisasikan kepada masyarakat peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya