SOLOPOS.COM - Petugas melayani pembelian pertalite di SPBU Nglangon, Sragen, Jumat (8/4/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, JAKARTA–Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) tengah menyiapkan aplikasi terbaru untuk mengawasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) Pertalite.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan untuk aplikasi ini, calon konsumen BBM Pertalite dapat mendaftar di aplikasi tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Aplikasi tersebut juga sudah bekerja sama dengan beberapa dinas untuk memverifikasi terhadap calon konsumen BBM Pertalite

“Nanti, operator dapat mengetahui apakah pengguna layak mendapatkan pertalite atau tidak,” ujar Erika, Senin (6/6/2022).

Erika juga mengatakan pihaknya tidak mengambil data dari Kartu Pintar atau Kementerian Sosial dalam mengetahui siapa yang layak mendapatkan BBM Pertalite. menurut dia, bagi konsumen yang ingin memakai Pertalite dipersilakan untuk mendaftar di aplikasi yang sedang digarap tersebut.

Baca Juga: BPH Migas: Mobil Mewah Dilarang Beli Pertalite

Sedangkan anggota komite BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan aplikasi MyPertamina bakal digunakan pemerintah untuk mengatur upaya pembatasan pembelian BBM Bersubsidi seperti Solar dan Pertalite di tengah masyarakat.

“Ini sedang finalisasi dan kemudian sosialisasi baru diterapkan,” kata Saleh melalui pesan singkat, Jumat (3/6/2022).

Kendati demikian, Saleh memastikan upaya pembatasan lewat prosedur verifikasi pembeli BBM bersubsidi lewat aplikasi MyPertamina itu bakal diterapkan pada tahun ini.

Alasannya, BPH Migas memproyeksikan realisasi konsumsi BBM bersubsidi bakal melebihi kuota yang ditetapkan.

“Tahun ini diterapkan karena prognosis realisasi di atas kuota,” kata dia.

Baca Juga: Pertamina Sudah Tentukan Lokasi Beli Pertalite Pakai MyPertamina, Aman?

Dia mencontohkan kuota yang diberikan untuk pertalite tahun ini hanya sekitar 23,05 juta kiloliter. Sementara, PT Pertamina (Persero) mencatat konsumsi untuk pertalite sudah mencapai 80 persen pada Mei 2022.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Awasi Pembelian Pertalite, BPH Migas Bakal Rilis Aplikasi Khusus

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya