SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi instalasi gas. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) tahun ini akan melelang pembangunan infrastruktur pipa gas di wilayah jalur distribusi Lampung, Semarang, Pasuruan, dan Jambi. Umi Asngadah, Direktur Gas BPH Migas, mengatakan pihaknya sedang melakukan kajian teknis dan ekonomis pembangunan pipa di empat wilayah jalur distribusi tersebut.

Selanjutnya, BPH Migas akan membuka lelang pembangunan pipa gas yang dapat dimanfaatkan secara bersama atau open access. “Harus tahun ini , agar tidak terjadi tumpang tindih pipa distribusi. Saat ini kan banyak pipa yang saling bertabrakan dan tumpang tindih,” katanya di Jakarta, Selasa (14/1/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Umi menuturkan proses lelang pipa gas distribusi akan dilakukan meskipun sudah ada perusahaan yang berencana membangun pipa di wilayah tersebut. Dengan begitu, diharapkan seluruh pipa distribusi nantinya akan menerapkan open access dan menumbuhkan pasar pengguna gas.

Di Lampung, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk berencana membangun pipa distribusi agar terintegrasi dengan floating storage and regasification unit (FSRU) Lampung. Hal yang sama juga terjadi di Semarang, yakni PT Pertamina Gas berencana membangun pipa distribusi agar dapat terintegrasi dengan FSRU Jawa Tengah dan pipa gas transmisi Trans Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya