Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

BPBD Sukoharjo Waspadai Banjir Susulan, Siagakan 70 Personel

BPBD Sukoharjo mewaspadai banjir susulan menyusul masih tingginya potensi curah hujan. Mereka menyiagakan 70 personel yang ditempatkan di masing-masing pos.
SHARE
BPBD Sukoharjo Waspadai Banjir Susulan, Siagakan 70 Personel
SOLOPOS.COM - Sukarelawan, SAR, dan BPBD Sukoharjo mengevakuasi warga di Grogol, Sukoharjo yang terdampak banjir Jumat (21/1/2022) malam. (Istimewa/ BPBD Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo masih bersiaga mengantisipasi banjir susulan setelah banjir besar menerjang pada Jumat (21/1/2022) malam. Setidaknya 70 personel gabungan disiagakan di pos masing-masing guna penanggulangan bencana.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Sukoharjo, Sri Maryanto, mengatakan setelah banjir pada Jumat surut pukul 22.30 WIB, masyarakat sudah pulang ke rumah masing-masing dan beraktivitas seperti semula. Mereka sibuk membersihkan rumah yang sisa terendam banjir.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Semalam saat surut personel langsung kami tarik kembali ke markas. Hari ini, tadi kami pantau masyarakat juga sudah kembali beraktivitas normal. Masyarakat sudah bersih-bersih dan tetap bersiaga karena masih ada kemungkinan banjir kembali,” jelas dia kepada Solopos.com, Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga: Grogol dan Kartasura Dilanda Banjir, 155 Keluarga Diungsikan

Terkait kesiapsiagaan penanganan bencana, BPBD Sukoharjo menyiagakan sekitar 19 personel di markas dan bantuan SAR Sukoharjo sebanyak 50 personel. Selain itu, BPBD Sukoharjo juga dibantu oleh sukarelawan dan memaksimalkan fungsi 10 Desa Tangguh Bencana (Destana) yang sudah dibentuk.

“Meskipun kami tarik ke markas, tapi personel tetap standby di pos masing-masing. Kami juga maksimalkan personel Destana di desa masing-masing untuk penanggulangan dan penanganan bencana. Selain itu, kami juga berkoordinasi dengan Kades serta Lurah se-Sukoharjo melalui grup WA penanggulangan bencana yang sudah kami bentuk,” imbuh dia.

Maryanto mengingatkan warga khususnya di kawasan rawan bencana untuk tetap waspada lantaran potensi turunnya hujan lebat masih tinggi. Dia meminta masyarakat tetap bersiap untuk mengantisipasi atau segera mengungsi apabila pertanda bencana muncul.

Baca Juga: Duh, 86 Ha Sawah di Bulu Sukoharjo Terendam Banjir Luapan Kali Buntung

Sebelumnya, banjir setinggi 40 sentimeter melanda sejumlah wilayah di Sukoharjo akibat hujan lebat yang lama pada Jumat malam. Akibat banjir tersebut, sekitar 155 keluarga terdampak harus diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari BPBD Sukoharjo, banjir terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Sejumlah wilayah seperti di Kartasura dan Grogol diketahui menjadi lokasi terdampak paling besar akibat hujan dan luapan Sungai Jenes.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode