BPBD Boyolali Kirim 15 Rescuer ke Kawasan Gunung Semeru

 Selain personel, Pemkab Boyolali juga mengirimkan berbagai kebutuhan logistik seperti beras, popok bayi, susu, hingga air bersih.
SHARE
BPBD Boyolali Kirim 15 Rescuer ke Kawasan Gunung Semeru
SOLOPOS.COM - Sukarelawan memindahkan bantuan logistik ke truk berisi bantuan yang akan dikirim ke Lumajang, Jawa Timur, guna penanganan pascabencana erupsi Gunung Semeru di halaman Kantor BPBD Boyolali, Selasa (7/12/2021). (Solopos.com/Cahyadi Kurniawan)

Solopos.com, BOYOLALI—Sebanyak 15 rescuer atau penyelamat dari Boyolali dikirim ke Lumajang, Jawa Timur, untuk membantu penanganan pascabencana erupsi Gunung Semeru. Selain personel, Pemkab Boyolali juga mengirimkan berbagai kebutuhan logistik seperti beras, popok bayi, susu, hingga air bersih.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, mengatakan bantuan berupa logistik konsumtif dan nonkonsumtif termasuk personel penyelamat akan dikirim ke wilayah Lumajang yang belum bisa dimasuki umum.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Bantuan ini terdiri atas 7 armada, 10,3 ton beras, 15 personel penyelamat, popok bayi, susu, alat evakuasi hingga air bersih berikut operatornya. Personel ini terdiri atas personel tim reaksi cepat (TRC) dan sukarelawan.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Baca Juga: Pasokan Air Bersih Bebeng Macet, BPBD Klaten Siagakan 2 Truk Tangki

“Para rescuer ini akan stay di sana selama tujuh hari ke depan. Kami stay di Kantor BPBD Lumajang untuk koordinasi lebih lanjut,” ujar Fajar, saat ditemui wartawan di sela persiapan pemberangkatan bantuan di halaman kantor BPBD Boyolali, Selasa (7/12/2021).

Selain bantuan logistik, sebuah ambulans milik Indonesian Off-Road Federation (IOF) Boyolali juga dikirimkan ke Lumajang. Bantuan ini akan diberangkatkan dari Kantor BPBD pada Selasa malam pukul 19.00 WIB.

“Ini merupakan misi kemanusiaan. Kami akan BKO [bawah kendali operasi] Lumajang. Apa pun dari sana, kami siap,” ujar dia.

Baca Juga: Sekda Klaten Dimutasi Jadi Staf Ahli Bupati

Ketua IOF Pengcab Boyolali, Sapta Sembada, menambahkan IOF Pengcab Boyolali mengirimkan satu unit ambulans dan personel ke Lumajang. Mereka akan berada di Lumajang selama tujuh hari depan sama dengan personel dari BPBD lainnya. Apabila diperlukan, tidak menutup kemungkinan ada perpanjangan.

“Ini wujud kepedulian kami untuk membantu saudara kita di Lumajang. Semoga ini bisa meringankan beban mereka dan mempercepat proses pemulihan pascabencana erupsi Gunung Semeru,” harap Sapta.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago