BP Jamsostek Gelar Vaksinasi Sasar Ojol di Terminal Tirtonadi

BP Jamsostek menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 untuk pengemudi ojek online dan masyarakat umum di Convention Hall Terminal Tirtonadi,
BP Jamsostek Gelar Vaksinasi Sasar Ojol di Terminal Tirtonadi
SOLOPOS.COM - BP Jamsostek menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 untuk pengemudi ojek online dan masyarakat umum di Convention Hall Terminal Tirtonadi, Solo, Kamis (16/9/2021). (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) melalui Kantor Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 untuk pengemudi ojek online dan masyarakat umum di Convention Hall Terminal Tirtonadi, Solo, Kamis (16/9/2021).

Vaksinasi ini menargetkan 3.000 dosis (2 dosis) vaksin bagi mitra Grab (ojek online), penyandang disabilitas, dan masyarakat umum.

Program vaksinasi Bersama BP Jamsostek ini merupakan yang ke-19 kalinya digelar, dan sedikitnya 90.000 dosis vaksin yang telah disebarkan kepada masyarakat pekerja di Jakarta, Tangerang, Bandung, Karawang, Denpasar, Madura, Jambi, Pangkalpinang, Bukittinggi, Makassar, Samarinda, dan Pontianak.

Baca Juga: Bioskop di Soloraya segera Buka, Begini Persiapannya

Direktur Utama BP Jamsostek, Anggoro Eko Cahyo, mengatakan pihaknya akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak agar kegiatan vaksinasi ini terus berjalan di seluruh Indonesia.

“Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mempercepat herd immunity. semakin banyak yang divaksin, semakin tenang bekerja, maka produktivitas semakin meningkat. Selain itu untuk peserta mitra Grab yang mendapatkan vaksin juga sekaligus menjadi peserta selama 3 bulan, diharapkan setelah itu mereka bisa mengiur sendiri. Jadi harapannya kita membangun awareness, sehingga mereka sadar pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan,” kata dia, kepada wartawan, Kamis.

Anggoro mengimbau agar para pekerja untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat, baik selama bekerja atau pun di saat beraktivitas lain sehingga dapat melindungi diri atau pun orang di sekitarnya. Selain itu, pihaknya berharap dengan upaya yang dilakukan BP Jamsostek melalui vaksinasi ini, seluruh pekerja dapat bekerja dengan tenang, produktivitasnya meningkat dan akan berdampak pada percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Kurangi Limbah Makanan, Nava Hotel Prakarsai Gerakan Anti Food Waste

Membangkitkan Ekonomi

BP Jamsostek juga membagikan 1.000 paket sembako kepada seluruh mitra Grab yang mengikuti kegiatan vaksinaksi. Grab Indonesia juga menunjukkan kepeduliannya kepada mitranya dengan mendaftarkan mereka menjadi peserta BP Jamsostek dalam 3 program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Sebagai bukti besarnya manfaat perlindungan jaminan sosial, BP Jamsostek juga menyerahkan santunan kepada 2 ahli waris peserta yang meninggal dunia dengan total santunan mencapai Rp161 juta.

Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, turut mengapresiasi kegiatan vaksinasi ini dan berencana akan mengembangkan kolaborasi dengan BP Jamsostek secara nasional.

“Ini kegiatan yang sangat baik dan bermanfaat untuk masyarakat terutama di masa pandemi ini karena dengan kegiatan ini bisa menambah herd immunity dan target vaksinasi sehingga kegiatan ekonomi bisa bangkit segera. Dengan adanya program hari ini kita harapkan melengkapi 100% dari mitra pengemudi di kota Solo ini sudah tervaksinasi,” papar Ridzki.

Baca Juga: Tarif Gratis Selama Uji Coba Selesai, Segini Tarif Normal KA Bandara YIA

Kepala BP Jamsostek Surakarta, Hasan Fahmi, menjelaskan vaksinasi ini yang menjadi prioritas adalah mitra Ojol karena mereka yang langsung melayani masyarakat.

“Dari 1.000 drivel ojol langsung didaftarkan BP Jamsostek oleh manajemen [Grab] selama 3 bulan. Sisanya 500 dibagi untk masyarakat umum. Ada peserta BP Jamsostek sebanyak 237 orang, lainnya umum termasuk difabel. Ini hanya khusus mereka KTP Solo,” terang dia.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berterima kasih atas apa yang dilakukan BP Jamsostek kepada masyarakat Solo, terutama bagi para pekerja dan penyandang disabilitas.

“Saya lihat antusiasme warga ini luar biasa sekali, dan tadi saya lihat ada beberapa pengemudi Grab, ada dari kaum difabel juga, yang jelas ini capaian vaksinasi di Kota Solo sudah tinggi sekali,” jelas dia.

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago