SOLOPOS.COM - Lambang Kabupaten Boyolali (boyolalikab.go.id)

Kabupaten Boyolali mendapat penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM.

Solopos.com, BOYOLALI — Boyolali memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM), Yasonna H. Laoly.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penghargaan diberikan dengan mengacu Surat Keputusan (SK) Menkumham No.M.MH-38.KP0705 Tahun 2016 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia 2016 dan disampaikan langsung oleh Yasonna di Surabaya, Kamis (8/12/2016).

Kasubag  Bantuan Hukum dan HAM, Yoga Nugroho, mewakili Kepala Bagian Hukum dan HAM  Sekretariat Daerah Boyolali, Sunarno, menjelaskan penghargaan Peduli HAM menunjukkan jalannya pemerintahan yang selalu menjunjung tinggi HAM bagi seluruh masyarakat Boyolali tanpa diskriminasi.

“Masyarakat Boyolali mendapat perlakuan yang sama dalam rangka menjunjung tinggi hak asasi manusia,” kata Yoga kepada Solopos.com, Senin (13/12/2016).

Perlakuan sama dalam pemenuhan HAM di antaranya adalah hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman, serta memperhatikan hak-hak perempuan. Hukum diperlakukan sebagai panglima  yang dipergunakan sebagai dasar untuk bernegara dan bermasyarakat.

Hukum dipergunakan untuk melindungi HAM di dalam keberagaman/kebhinekaan sehingga bisa memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Yoga menjelaskan penilaian kabupaten/kota peduli HAM dilakukan selama  satu tahun dengan mengirimkan data-data kegiatan SKPD yang berkaitan dengan pemenuhan HAM.

“Dengan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM, harapannya bisa mengangkat derajat masyarakat Boyolali sekaligus  hukum di mata masyarakat diperlakukan sama tanpa pandang bulu dan  tanpa diskriminasi,” ujar Yoga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya