SOLOPOS.COM - Ilustrasi lampu pengatur lalu lintas (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI — Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Boyolali merencanakan pemasangan lampu lalu lintas atau traffic light baru di tiga lokasi baru, 2014 ini.

Melalui APBD tahun ini, Pemkab menyiapkan dana senilai Rp446 juta untuk pemasangan lampu lalu lintas di dua lokasi, yakni di perempatan Jl. Pahlawan, Kecamatan Boyolali, dan pertigaan pintu masuk Bandara Internasional Adi Soemarmo, Ngemplak. Sementara satu lokasi lainnya, yakni di Jl. Nasional, Desa Randusari, Kecamatan Teras, anggarannya bersumber dari bantuan pemerintah pusat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Dishubkominfo Boyolali, Sigit Harimulyo, Sabtu (19/4/2014), mengemukakan pemasangan lampu lalu lintas di Jl. Pahlawan dan pertigaan pintu masuk Bandara Adi Soemarmo direncanakan akhir bulan ini.

“Proses lelang pemasangan traffic light dilaksanakan melalui mekanisme electronic procourement [e-proc] sudah terlaksana Maret kemarin, dan realisasinya dijadwalkan akhir bulan ini,” ungkap Sigit.

Sementara pemasangan lampu lalu lintas di pertigaan Jl. Nasional, sekitar PT Sari Warna, Desa Randusari, Kecamatan Teras, lanjut dia, saat ini masih dalam proses karena alat tersebut merupakan bantuan dari APBN.

Lebih lanjut Sigit menerangkan rencana pemasangan lampu lalu lintas tersebut dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, di antaranya dengan memperhatikan faktor kepadatan lalu lintas, keselamatan, sering terjadi kemacetan, serta sering terjadi kecelakaan. “Beberapa kriteria di tiga lokasi tersebut terpenuhi dengan hasil analisis Dishubkominfo Boyolali melalui survei ke lapangan. Di lokasi-lokasi persimpangan itu memenuhi persyaratan dan perlu sekali dipasang traffic light,” katanya.

Pemasangan lampu lalu lintas di Jl. Nasional dan pertigaan pintu masuk Bandara Adi Soemarmo, bakal menggunakan sistem peralatan baru di antaranya jenis lampu LED, automatic counter down serta dilengkapi jaringan modern.

Ditambahkan dia, selain tiga lokasi tersebut, terdapat sejumlah persimpangan lainnya yang dinilai layak untuk dipasangi lampu lalu lintas, di antaranya depan SMA Bhinneka Karya (BK) Boyolali serta pintu masuk kompleks perkantoran terpadu Kantor Bupati Boyolali di Kemiri, Mojosongo. “Tapi untuk saat ini, yang dianggarkan baru dua lokasi tahun ini,” ujar dia menadaskan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya